HARTANTI , JANA DWI (2012) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips Melalui Metode Think Pair Share Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 01 Gantiwarno Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (147kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB_I.pdf Download (79kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (791kB) |
Abstract
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, Rumusan masalah yaitu: (1) Apakah dengan menerapkan metode Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV?, (2) Apakah dengan menerapkan metode Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV?. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV dengan menerapkan metode Think Pair Share, (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV dengan menerapkan metode Think Pair Share. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi partisipasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian yaitu berupa lembar pengamatan dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik analisis data interaktif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai kurang 65 (dibawah KKM) sebanyak 14 siswa sedangkan yang mendapat nilai ≥ 65 sebanyak 18 siswa. Keaktifan siswa selama apersepsi 62%, keaktifan selama proses pembelajaran 66%, keaktifan siswa dalam bekerjasama dalam kelompok 59%. Pada siklus II mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 84% siswa mencapai nilai ≥ 65 dari KKM. keaktifan siswa selama apersepsi 78%, keaktifan selama proses pembelajaran 84%, keaktifan siswa dalam bekerjasama dalam kelompok 87%. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas IV, (2) penggunaan metode Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 01 Gantiwarno Tahun Pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas dan Hasil Belajar, TPS (Think Pair Share). |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 29 Feb 2012 10:48 |
Last Modified: | 29 Feb 2012 10:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17118 |
Actions (login required)
View Item |