SIWI , DIKA PERDANA (2012) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Melalui Metode Brainstroming (Curah Pendapat) Dengan Media Lcd Infocus Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Bakalan Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf Download (395kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf Download (107kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (63kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Permsalahan yang terjadi di SD Negeri 1 Bakalan yaitu rendahnya hasil belajaran IPA serta kurang interaktifnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan i peningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA melalui metode brainstorming (curah pendapat) dengan menggunakan media LCD infocus pada siswa kelas V SD Negeri 1 Bakalan kabupaten wonogiri tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Bakalan yang berjumlah 16 siswa.Sedangkan subyek pelaku tindakan adalah guru peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan datadilakukan denga tiga tahap yakni observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan hasil belajar mata pelajaran IPA yang mengalami peningkataan, dari hasil sebelum dilakukan tindakan ada 25% ( 4 siswa ) yang memenuhi KKM kemudian perbaikan pembelajaran pada Siklus I sebanyak 37,50% ( 6 siswa ) yang tuntas belajar dan meningkat menjadi 87,50% (14 siswa ) pada siklus II dengan KKM 65. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode brainstorming ( curah pendapat ) dengan media LCD infocus dapat meningkatkan hasil pembelajaran mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 Bakalan kabupaten Wonogiri Tahun Ajran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPA, brainstroming |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 29 Feb 2012 10:40 |
Last Modified: | 29 Feb 2012 10:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17117 |
Actions (login required)
View Item |