Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Eksperimen di TK Aisyiyah Pucangan I Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012

Nur Romah , Alim (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Eksperimen di TK Aisyiyah Pucangan I Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak melalui penerapan metode eksperimen. Kemampuan kognitif perlu ditingkatkan karena mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam mengatasi masalah yang dihadapinya serta mampu bertindak cepat dan tepat untuk memecahkan suatu masalah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek data penelitian ini adalah kelompok B di TK Aisyiyah Pucangan I Kartasura, Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data penerapan metode eksperimen dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Sedangkan data mengenai kemampuan kognitif anak dikumpulkan melalui observasi. Teknik analisis data dalam menggunakan analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak didik melalui penerapan metode eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil kemampuan kognitif anak dalam satu kelas sebelum tindakan adalah 39,45%, Siklus I mencapai 60,54%, Siklus II mencapai 72,83%, dan Siklus III mencapai 86,08%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Aisyiyah Pucangan I Kartasura, Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode eksperimen, Kemampuan kognitif
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 29 Feb 2012 09:00
Last Modified: 29 Feb 2012 09:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17107

Actions (login required)

View Item View Item