Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Alat Peraga Puzzle di Tk 04 Kebak Jumantono Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun Ajaran 2011/2012

Supatmini, Supatmini (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Alat Peraga Puzzle di Tk 04 Kebak Jumantono Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (316kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan kognitif adalah potensi seseorang dalam proses berfikir untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu peristiwa untuk mencapai tujuan disyaratkan dengan kondisi yang diharapkan. Kemampuan kognitif anak perlu ditingkatkan karena sebagai dasar dan sebagai bekal mengikuti pendidikan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui alat peraga puzzle. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK 04 Kebak Jumantono Karanganyar tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data tentang penerapan alat peraga puzzle dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Sedangkan data mengenai kemampuan kognitif anak dikumpulkan melalui observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan kognitif anak didik melalui alat peraga puzzle. Hasil ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil kemampuan kognitif anak dalam satu kelas sebelum tindakan adalah 44.375%, siklus I mencapai 63.75%, siklus II mencapai 75.025%, dan siklus III mencapai 86.86%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah alat peraga puzzle dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK 04 Kebak Jumantono Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Puzzle, Kemampuan Kognitif
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 29 Feb 2012 06:26
Last Modified: 29 Feb 2012 06:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17098

Actions (login required)

View Item View Item