Ekowati, Nina (2011) Pengaruh Pemberian Hadiah Dan Keaktifan Menjawab Pertanyaan Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Peranan Tokoh Pejuang Dan Masyarakat Dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia Kelas V SD Negri 02 Mojoroto Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammaadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
COVER-INTISARI.pdf Download (75kB) |
|
|
PDF (Bab.1)
BAB_1.pdf Download (70kB) |
|
PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
||
PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
||
PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (47kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pemberian hadiah terhadap hasil belajar IPS materi peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 02 Mojoroto tahun pelajaran 2010/2011. (2) pengaruh positif keaktifan menjawab pertanyaan terhadap hasil belajar IPS materi peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 02 Mojoroto tahun pelajaran 2010/2011. (3) pengaruh secara simultan antara pemberian hadiah dan keaktifan menjawab pertanyaan terhadap hasil belajar IPS materi peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 02 Mojoroto tahun pelajaran 2010/2011. Penellitian ini menggunakan metode analisis statistik dengan teknik korelasi product moment dan analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 02 Mojoroto. Teknik pengumpulan data mengunakan metode angket untuk variabel pemberian hadiah dan keaktifan menjawab pertanyaan, dan dibantu pula dengan metode observasi untuk variabel keaktifan menjawab pertanyaan. Dokumentasi untuk variabel hasil belajar IPS. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, dengan uji persyaratan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dengan menggunakan taraf signifikasi 5% dan 1% dengan N=15 diperoleh:(1) pengaruh pemberiah hadiah terhadap hasil belajar IPS diperoleh rhit >rtabel yaitu 0,880 > 0,514 dan 0,641 (2) pengaruh keaktifan menjawab pertanyaan terhadap hasil belajar IPS diperoleh rhit >rtabel yaitu 0,868 > 0,514 dan 0,641 (3) pengaruh secara simultan antara pemberian hadiah dan keaktifan menjawab pertanyaan terhadap hasil belajar IPS diperoleh rhit >rtabel yaitu 0,879 > 0,514 dan 0,641. Persamaan garis regresi Y= 29,394 + 0,617 X1 + 0,065 X2. Besarnya sumbangan relatif variabel pemberian hadiah 90,46% dan variabel keaktifan menjawab pertanyaan 9,53%. Adapun sumbangan efektif yang diberikan variabel pemberian hadiah 69,89% dan keaktifan menjawab pertanyaan 7,36%. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan 1) ada pengaruh pemberian hadiah terhadap hasil belajar IPS materi peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 02 Mojoroto tahun pelajaran 2010/2011. (2) ada pengaruh positif keaktifan menjawab pertanyaan terhadap hasil belajar IPS materi peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 02 Mojoroto tahun pelajaran 2010/2011. (3) ada pengaruh secara simultan antara pemberian hadiah dan keaktifan menjawab pertanyaan terhadap hasil belajar IPS materi peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 02 Mojoroto tahun pelajaran 2010/2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemberian hadiah, keaktifan menjawab pertanyaan, keaktifan menjawab pertanyaan, pengaruh |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 24 Feb 2012 11:01 |
Last Modified: | 24 Feb 2012 11:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17038 |
Actions (login required)
View Item |