Pengaruh Pemberian Hadiah Dan Keaktifan Menjawab Pertanyaan Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Peranan Tokoh Pejuang Dan Masyarakat Dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia Kelas V SD Negri 02 Mojoroto Tahun Pelajaran 2010/ 2011

Ekowati, Nina (2011) Pengaruh Pemberian Hadiah Dan Keaktifan Menjawab Pertanyaan Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Peranan Tokoh Pejuang Dan Masyarakat Dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia Kelas V SD Negri 02 Mojoroto Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammaadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (75kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
BAB_1.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pemberian hadiah terhadap hasil belajar IPS materi peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 02 Mojoroto tahun pelajaran 2010/2011. (2) pengaruh positif keaktifan menjawab pertanyaan terhadap hasil belajar IPS materi peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 02 Mojoroto tahun pelajaran 2010/2011. (3) pengaruh secara simultan antara pemberian hadiah dan keaktifan menjawab pertanyaan terhadap hasil belajar IPS materi peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 02 Mojoroto tahun pelajaran 2010/2011. Penellitian ini menggunakan metode analisis statistik dengan teknik korelasi product moment dan analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 02 Mojoroto. Teknik pengumpulan data mengunakan metode angket untuk variabel pemberian hadiah dan keaktifan menjawab pertanyaan, dan dibantu pula dengan metode observasi untuk variabel keaktifan menjawab pertanyaan. Dokumentasi untuk variabel hasil belajar IPS. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, dengan uji persyaratan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dengan menggunakan taraf signifikasi 5% dan 1% dengan N=15 diperoleh:(1) pengaruh pemberiah hadiah terhadap hasil belajar IPS diperoleh rhit >rtabel yaitu 0,880 > 0,514 dan 0,641 (2) pengaruh keaktifan menjawab pertanyaan terhadap hasil belajar IPS diperoleh rhit >rtabel yaitu 0,868 > 0,514 dan 0,641 (3) pengaruh secara simultan antara pemberian hadiah dan keaktifan menjawab pertanyaan terhadap hasil belajar IPS diperoleh rhit >rtabel yaitu 0,879 > 0,514 dan 0,641. Persamaan garis regresi Y= 29,394 + 0,617 X1 + 0,065 X2. Besarnya sumbangan relatif variabel pemberian hadiah 90,46% dan variabel keaktifan menjawab pertanyaan 9,53%. Adapun sumbangan efektif yang diberikan variabel pemberian hadiah 69,89% dan keaktifan menjawab pertanyaan 7,36%. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan 1) ada pengaruh pemberian hadiah terhadap hasil belajar IPS materi peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 02 Mojoroto tahun pelajaran 2010/2011. (2) ada pengaruh positif keaktifan menjawab pertanyaan terhadap hasil belajar IPS materi peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 02 Mojoroto tahun pelajaran 2010/2011. (3) ada pengaruh secara simultan antara pemberian hadiah dan keaktifan menjawab pertanyaan terhadap hasil belajar IPS materi peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 02 Mojoroto tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemberian hadiah, keaktifan menjawab pertanyaan, keaktifan menjawab pertanyaan, pengaruh
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 24 Feb 2012 11:01
Last Modified: 24 Feb 2012 11:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17038

Actions (login required)

View Item View Item