Peningkatan Ketrampilan Mengurutkan Bilangan Bulat Melalui Permainan Sudoku pada Siswa Kelas IV SD Negeri Udanwuh 92 Kaliwungu Semarang Tahun Ajaran 2011/2012

PATMAWATI, LIANITA HUTRI (2012) Peningkatan Ketrampilan Mengurutkan Bilangan Bulat Melalui Permainan Sudoku pada Siswa Kelas IV SD Negeri Udanwuh 92 Kaliwungu Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_depan.pdf

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran Matematika dengan permainan sudoku sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan siswa, dan meningkatkan keterampilan siswa mengurutkan bilangan bulat pada siswa kelas IV SD Negeri Udanwuh02 tahun pelajaran 2011/2012 melalui permainan sudoku. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa Kelas IV SD Negeri Udanwuh 02 yang berjumlah 9 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan dan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator yang mencakup: : 1) pada aspek kecepatan siswa dalam mengerjakan soal bilangan bulat pra siklus 22,22%, siklus I menjadi 55,55% dan siklus II menjadi 77,77%; 2) ketepatan siswa menuliskan angka pra siklus 44,44%, siklus I tetap 44,44% dan siklus II menjadi 77,77%; 3) ketepatan siswa mengerjakan soal bilangan bulat pra siklus 33,33%, siklus I tetap 33,33%, dan siklus II menjadi 66,66%; 4) kebenaran siswa dalam menjawab pertanyaan pra siklus 22,22%, siklus I menjadi 44,44%, dan siklus II menjadi 66,66%; 5) kerapian siswa dalam menjawab soal pra siklus 55,55%, siklus I menjadi 66,66% dan siklus II menjadi 88,88%. 6) rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan adalah 50 dengan prosentase siswa yang mencapai KKM 33,33%. Pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata yaitu 54,44 dengan prosentase siswa mencapai KKM 44,44%, sedangkan pertemuan 2 nilai rata-rata yaitu 60 dengan prosentase siswa yang mencapai KKM 66,66% pada siklus II pertemuan 1 nilai ratarata 67,77 dengan prosentase siswa yang mencapai KKM 66,66%, sedangkan pertemuan 2 nilai rata-rata 81,66 dengan prosentase siswa yang mencapai KKM 88,88%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui permainan sudoku dapat meningkatkan keterampilan siswa mengurutkan bilangan bulat pada siswa kelas IV semester genap SD Negeri Udanwuh 02 tahun ajaran 2011/ 2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, bilangan bulat, dan permainan sudoku.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Feb 2012 07:35
Last Modified: 23 Feb 2012 07:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17032

Actions (login required)

View Item View Item