Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Aspek Keterampilan Berbicara dengan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Plosorejo Kecamatan Matesih Tahun Pelajaran 2011/2012

Mintasih, Mintasih (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Aspek Keterampilan Berbicara dengan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Plosorejo Kecamatan Matesih Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_DEPAN.pdf

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)

Abstract

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui peningkatan motivasi belajar Bahasa Indonesia tentang keterampilan berbicara dengan penerapan pembelajaran kooperatif model TGT pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Plosorejo. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Plosorejo Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah subyek penelitian guru dan siswa kelas IV sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Model TGT dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada aspek keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 01 Plosorejo Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya pula hasil belajar siswa pada pembelajaran siklus I, yang diperoleh data dari 20 siswa hanya 12 siswa yang tuntas, sedangkan ada 8 siswa yang belum tuntas. Pada pembelajaran siklus II dari 20 siswa terdapat 15 siswa tuntas dan 5 siswa yang belum tuntas, sedangkan pada pembelajaran siklus III diketahui hasilnya dari 20 siswa tinggal seorang siswa yang belum tuntas atau persentasenya adalah 5 % berdasarkan KKM yang ditentukan sebesar 70. Jadi dari prosentase siswa dalam 1 kelas sebesar 95% telah mencapai penguasaan materi siswa dengan meningkatnya taraf ketuntasan siswa berdasarkan KKM sebesar 70. Jadi hipotesis yang dirumuskan yakni, ”Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Model TGT dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada aspek keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 01 Plosorejo Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar” dapat terjawab atau diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penerapan model Teams Games Tournament, motivasi belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Feb 2012 07:07
Last Modified: 23 Feb 2012 07:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17030

Actions (login required)

View Item View Item