Peningkatan Hasil Belajar Kewarganegaraan Melalui Metode Pembelajaran Think Pair and Share pada siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 3 Nusukan, Surakarta tahun ajaran 2011/2012

Estiti, Muslikah Suci (2011) Peningkatan Hasil Belajar Kewarganegaraan Melalui Metode Pembelajaran Think Pair and Share pada siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 3 Nusukan, Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (144kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui metode pembelajaran Think Pair and Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian guru dan siswa kelas IV Muhammadiyah 3 Nusukan, Surakarta yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, dokumentasi, Wawancara dan tes. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Hal ini dapat dilihat pada data awal menunjukkan bahwa hanya ada 11 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 42,31 %, guru menerapkan metode pembelajaran Think Pair and Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi engelolaan pembelajaran PKn dengan menerapkan metode pembelajaran Think Pair and Share (TPS) diperoleh data bahwa pada siklus I ada 20 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 76,92 %. Sedangkan setelah diadakan perbaikan pada siklus II ada 23 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 88,46 %. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pembelajaran PKn, metode think pair and share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Feb 2012 05:10
Last Modified: 23 Feb 2012 05:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17020

Actions (login required)

View Item View Item