Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, dan Satisfaction) (PTK pada Kelas IV SD Negeri Gabugan 1 Tanon Sragen Tahun Ajaran 2011/2012)

Prasasti,, Wuri (2011) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, dan Satisfaction) (PTK pada Kelas IV SD Negeri Gabugan 1 Tanon Sragen Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (262kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
2._BAB_I.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Bab.II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (Bab.III)
4._BAB_III_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab.IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] PDF (Bab.V)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
8.lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, dan Satisfaction) pada siswa kelas IV SD Negeri Gabugan 1 Tanon Sragen semester gasal tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Gabugan 1 yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah ada peningkatan hasil belajar PKn yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator hasil belajar PKn meliputi: 1) keaktifan siswa mengerjakan soal sebelum tindakan 43,5 %, siklus I 95,7 %, dan siklus II 100 %, 2) mengemukakan pendapat sebelum tindakan 8,7 %, siklus I 21,7 %, dan siklus II 56,6%, 3) Keaktifan siswa dalam bertanya sebelum tindakan 0 %, siklus I 21,7 %, dan siklus II 30,4 %, 4) daya serap hasil belajar sebelum tindakan 13,1 %, siklus I 56,5 %, dan siklus II 82,6 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui pembelajaran ARIAS dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV semester gasal SD Negeri Gabugan 1 tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pembelajaran ARIAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 22 Feb 2012 05:33
Last Modified: 22 Feb 2012 05:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16999

Actions (login required)

View Item View Item