Uji Kualitas Bioethanol dari Batang Sweet Sorghun Varietas CTY 33 Unur 60 Hari dengan Penambahan Ragi dan Waktu Fermentasi Yang Berbeda

ERNAWATI, YULLI (2012) Uji Kualitas Bioethanol dari Batang Sweet Sorghun Varietas CTY 33 Unur 60 Hari dengan Penambahan Ragi dan Waktu Fermentasi Yang Berbeda. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (228kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sorgum merupakan tanaman penghasil nira dengan kadar gula tinggi. Selama ini sorgum dimanfaatkan untuk pakan ternak dan bahan pembuat gula cair. Sorgum juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat etanol. Oleh karena itu peneliti mencoba mengolah sorgum yang dianggab kurang bermanfaat menjadi produk baru bernilai ekonomi, yaitu sorgum difermentasikan menjadi etanol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu fermentasi dan dosis ragi terhadap kadar etanol yang dihasilkan. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk destilasi etanol dan pengujian kadar etanol nira Sweet sorghum pada bulan Agustus 2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, menggunakan Rancangan Acak Lengkap dua faktor perlakuan yaitu konsentrasi ragi (0,25gr, 0,35gr dan 0,35gr) dan waktu fermentasi (5 dan 7 hari) dengan tiga kali ulangan sehingga didapatkan 6 kombinasi perlakuan. Data dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh waktu fermentasi dan dosis ragi terhadap kadar etanol yang dihasilkan. Dari analisi data penelitian menunjukan bahwa, terdapat interaksi antara pemberian dosis ragi yang berbeda dengan lamanya waktu fermentasi terhadap kadar alkohol pada fermentasi nira batang Sweet sorghum. Kadar alkohol tertinggi 17,72% pada waktu fermentasi 5 hari dan dosis ragi 0,45gr. Kadar alkohol terendah 4,5% pada waktu fermentasi 5 hari dan dosis ragi 0,25gr.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nira Sorgum, Konsentrasi Ragi, dan Kadar Etanol
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Feb 2012 06:04
Last Modified: 21 Feb 2012 06:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16966

Actions (login required)

View Item View Item