Riyanto, Nandia Kusuma (2011) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar Akuntasi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf Download (157kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
PDF ( Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (745kB) |
Abstract
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Nindia Kusuma Riyanto, A210070097, Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). ada atau tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar akuntansi 2). ada atau tidaknya pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi 3). ada atau tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Kartasura. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura dengan jumlah seluruhnya 188 siswa. Sampel diambil sebanyak 123 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 25,172 + 0,507X1 + 0,683X2, artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan kreativitas belajar. Berdasar analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) persepsi siswa tentang kompetensi guru berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti berdasar hasil perhitungan spss dengan nilai probabilitas uji t untuk variabel persepsi siswa tentang kompetensi guru sebesar 0,000 sehingga nilai probabilitas < taraf signifikansi atau 0,000 < 0,05. (2) kreativitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan spss dengan nilai probabilitas uji t untuk variabel kreativitas belajar sebesar 0,000 sehingga nilai probabilitas < taraf signifikansi atau 0,000 < 0,05. (3) persepsi siswa tentang kompetensi guru dan kreativitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000 sehingga nilai probabilitas < taraf signifikansi atau 0,000 < 0,05. (4) Hasil perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif menunjukkan bahwa kontribusi persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar adalah sebesar 22,95% sedangkan kontribusi kreativitas belajar terhadap prestasi belajar adalah sebesar 22,05% sehingga total sumbangan persepsi siswa tentang kompetensi guru dan kreativitas belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 45,%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Persepsi siswa tentang kompetensi guru, kreativitas belajar dan prestasi belajar akuntansi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 20 Feb 2012 08:12 |
Last Modified: | 20 Feb 2012 08:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16943 |
Actions (login required)
View Item |