ANDRIYANI, NOVINA (2012) Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Sistem Hukum dan Peradilan Nasional dalam Proses Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Strategi Role Playing dan Snow Balling pada Siswa Kelas X TKJ 3 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (445kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
PDF (Bab 3)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
PDF (Bab 4)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
||
PDF (Bab 5)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Binder1.pdf Download (135kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep sistem hukum dan peradilan nasional dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui strategi Role Playing dan Snow Balling pada siswa kelas X TKJ 3 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun 2011. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas X TKJ 3 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo yang berjumlah 36 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber serta tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran tersebut. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi Role Playing dan Snow Balling ini penguasaan konsep sistem hukum dan peradilan nasional dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas X TKJ 3 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun 2011 dapat meningkat minimal 70% dari 36 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum diadakan tindakan dengan menggunakan strategi Role Playing dan Snow Balling ini, siswa yang menguasai konsep atau telah memenuhi KKM sebanyak 17 siswa (47,22%) dari 36 siswa. Kemudian setelah diberi tindakan dengan strategi Role Playing dan Snow Balling pada siklus I yang telah memenuhi KKM sebanyak 23 siswa (63,89%) dari 36 siswa, dan pada siklus II yang telah memenuhi KKM sebanyak 30 siswa (83,33%) dari 36 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Role Playing dan Snow Balling dapat meningkatkan penguasaan konsep sistem hukum dan peradilan nasional dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas X TKJ 3 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012”, terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Kata Kunci: Role Playing, Snow Balling, dan Konsep
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A220/2012-18 |
Uncontrolled Keywords: | Role Playing, Snow Balling, dan Konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 17 Feb 2012 11:26 |
Last Modified: | 18 Jun 2012 07:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16930 |
Actions (login required)
View Item |