PROFESIONALISME GURU DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN GURU (PENELITIAN PADA GURU-GURU MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH (MIM) DI KECAMATAN CEPER KLATEN TAHUN 2007-2008)

KARSINI, KARSINI (2008) PROFESIONALISME GURU DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN GURU (PENELITIAN PADA GURU-GURU MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH (MIM) DI KECAMATAN CEPER KLATEN TAHUN 2007-2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210040095.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat pendidikan guru yang terdiri dari SMA, D1, DII, DIII, DIV/SI terhadap profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Ceper Klaten tahun ajaran 2007-2008. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket, dokumentasi dan wawancara secara langsung. Jumlah populasi dalam penelitian 63 guru sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 54 guru. Teknik pengambilan sampel disini dengan menggunakan Simple Random Sampling. Uji validitas dan reliabilitas angket menggunakan Cronbach’s Alpha. Uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji linieritas menggunakan uji Anova, data analisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tersebut, digunakan perhitungan regresi linier sederhana dengan menggunakan alat Bantu program SPSS for windows versi 11.0, diperoleh persamaan regresi Y = 84,450 + (-1,270)X dimana koefisien regresi sebesar -1,270 dengan signifikan 0,262 menyatakan jauh lebih besar dari 0,05 yang berarti Ho diterima (X tidak bisa memprediksi Y). Tingkat pendidikan guru mempengaruhi profesionalisme guru sebesar 2,4 % sedangkan 97,6 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan Guru dan Profesionalisme Guru
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 27 May 2009 08:06
Last Modified: 17 Nov 2010 04:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1692

Actions (login required)

View Item View Item