EVALUASI KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP NILAI EKONOMIS (Study Kasus Jl. Yos Sudarso – Jl. Kapt. Pattimura Surakarta)

WIBOWO, IRWAN ADI and MA’ARIF, GUNTORO ZAIN (2008) EVALUASI KINERJA SIMPANG EMPAT BERSINYAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP NILAI EKONOMIS (Study Kasus Jl. Yos Sudarso – Jl. Kapt. Pattimura Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
D100030008-D100030012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Simpang Empat Jl. Yos Sudarso-Jl. Kap. Pattimura Surakarta merupakan simpang empat dengan lalu lintas padat. Simpang tersebut merupakan jalan utama penghubung Kota Solo dan Kota Sukoharjo. Simpang ini setiap hari dilewati berbagi kendaraan, seperti: becak, sepeda motor, mobil bus, truk dan sebagainya. Perkembangan kendaraan yang lewat pada simpang tersebut semakin meningkat seiring dengan perkembangan Kota Solo yaitu dengan adanya kawasan pemukiman Solo Baru yang berada persis di selatan simpang ini. Volume lalu lintas yang ada semakin besar sehingga kondisi simpang saat ini mengalami kemacetan terutama pada jam-jam puncak baik di pagi, siang maupun sore hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi simpang eksisting, memberi solusi dan mengetahui besarnya nilai ekonomis simpang tersebut. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simpang Empat Jl. Yos Sudarso-Jl. Kap. Pattimura Surakarta. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa: kondisi geometrik jalan, arus lalu lintas, lingkungan, konsumsi bahan bakar kendaraan MC, jumlah kendaraan dan pengguna kendaraan yang terkena lampu merah dari survai langsung di lapangan pada hari Minggu 13 Mei 2007, Senin 14 Mei 2007 dan Selasa 15 Mei 2007. Data sekunder berupa: data jumlah penduduk, jaringan jalan, UMR (upah minimum regional), harga bahan bakar, dan kebutuhan bahan bakar untuk kendaraan LV dan HV. Parameter kinerja yang dicari yaitu kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian, kendaraan terhenti, dan tundaan yang terdapat dalam Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997), serta mencari nilai ekonomis dari efisiensi bahan bakar dan efisiensi waktu hilang. Berdasarkan hasil dan pembahasan diketahui kinerja simpang pada kondisi eksisting masih rendah, ini bisa dilihat dari nilai kapasitas terbesar 1230 smp/jam, derajat kejenuhan semua pendekat >0,85, panjang antrian terbesar 460 m, kendaraan terhenti terbesar 6322 smp/jam dan tundaan rata-rata 509,847 detik/smp. Hasil kinerja simpang pada kondisi alternatif terbaik, berupa pengaturan kembali waktu sinyal dengan 2 fase serta jalan satu arah ke barat, diperoleh kapasitas terbesar 2351 smp/jam, derajat kejenuhan tertinggi 0,846, panjang antrian terbesar 109,73 m, kendaraan terhenti terbesar 1394 smp/jam dan tundaan rata-rata 17,56 detik/smp, dengan efisiensi nilai ekonomis yang didapat setelah pengaturan kembali simpang adalah Rp. 202.000,00 /jam yang terdiri dari efisiensi bahan bakar Rp.86.000,00 /jam dan efisiensi waktu hilang Rp. Rp.116.000,00 /jam

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, kinerja, simpang bersinyal, nilai ekonomis
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 27 May 2009 08:01
Last Modified: 17 Nov 2010 04:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1690

Actions (login required)

View Item View Item