Profil Penderita Penyakit Stroke Dan Tinjauan Pengobatannya Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta Bulan Januari-April Tahun 2005

PAMRIATI , PAMRIATI (2007) Profil Penderita Penyakit Stroke Dan Tinjauan Pengobatannya Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta Bulan Januari-April Tahun 2005. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (31kB)

Abstract

Stroke merupakan penyakit yang disebabkan oleh gangguan suplai darah ke otak baik yang terjadi karena perdarahan (aneurisma, angioma, lesi aterosklerotik dan trauma kepala) maupun non perdarahan (trombosis serebral atau sumbatan aliran darah ke otak karena proses aterosklerosis). Penyakit ini merupakan penyebab umum kecacatan pada penduduk yang berusia pertengahan dan usia tua, selain itu juga merupakan penyebab kematian yang menduduki urutan kedua setelah penyakit jantung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profil dan tinjauan pengobatan pasien stroke di Rumah Sakit Umum Daerah Moewardi Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental yang menggunakan rancangan penelitian secara deskriptif non analitik. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data dari catatan medik pada 90 pasien stroke dengan metode quota sampling selama tahun 2005 dengan masa inap ? 7 hari. Data yang diambil meliputi jenis kelamin, umur, tanda dan gejala, penyakit penyerta, obat yang diberikan, dosis obat, lama pengobatan dan keadaan pulang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laki-laki berusia di atas 45 tahun paling banyak menderita stroke (26,67%), penurunan kesadaran merupakan gejala yang banyak ditemukan (22,22%), sedangkan hipertensi merupakan penyakit penyerta yang paling banyak persentasenya yaitu 44,44%. Neuroproteksi merupakan golongan obat yang paling banyak digunakan pada penderita stroke (72,22%), sedangkan perawatan selama 4,5 dan 6 hari (20,00%) paling banyak dijumpai dan keadaan pulang membaik mempunyai persentase paling tinggi (76,67%). Dosis obat yang diberikan ada yang belum sesuai dengan dosis standar dan interaksi obat yang paling banyak terjadi adalah klopidrogel-parasetamol sebanyak 5 kasus.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stroke, profil dan tinjauan pengobatan, RSUD Moewardi Surakarta
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2012 10:09
Last Modified: 16 Feb 2012 10:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16889

Actions (login required)

View Item View Item