PENGARUH FREKUENSI LATIHAN SOAL DAN PRESTASI BELAJAR DASAR AKUNTANSI KEUANGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTEK AKUNTANSI I PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN 2005/2006

NURYANA, ITA (2008) PENGARUH FREKUENSI LATIHAN SOAL DAN PRESTASI BELAJAR DASAR AKUNTANSI KEUANGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTEK AKUNTANSI I PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN 2005/2006. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210040081.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh frekuensi latihan soal terhadap prestasi belajar Praktek Akuntansi I 2) Untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan terhadap prestasi belajar Praktek Akuntansi I 3) Untuk mengetahui pengaruh frekuensi latihan soal dan prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan terhadap prestasi belajar Praktek Akuntansi I. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi Tahun 2005/2006 yang berjumlah 140 mahasiswa dengan sampel 40 mahasiswa dengan menggunakan random sampling dengan cara undian. Metode pengumpulan data dokumentasi, angket, wawancara dan observasi. Data yang dikumpulkan adalah data primer berupa angket. Data diolah menggunakan program SPSS For Windows V.10.5. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian instrumen agar dapat diketahui bahwa data valid dan reliabel, kemudian dilakukan uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan linieritas agar dapat diketahui bahwa data normal dan linier. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan menyatakan bahwa pengujian hipotesis 1) Ada pengaruh frekuensi latihan soal terhadap prestasi belajar Praktek Akuntansi I dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar 2,197 > 1,96. Pengujian hipotesis 2) Ada pengaruh prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan terhadap prestasi belajar Praktek Akuntansi I sebesar 0,563 dengan thitung 0,563 sementara nilai ttabel tabel sebesar 1,96 atau 0,563 > 1,96. Pengujian hipotesis 3) Ada pengaruh frekuensi latihan soal dan prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan terhadap prestasi belajar Praktek Akuntansi I didukung oleh nilai uji F dengan hasil Fhitung sebesar 20,466 dengan Ftabel untuk n = 40, k = 3 sebesar 3,232 atau 20,466 > 3,232. Sumbangan relatif variabel frekuensi latihan soal (X1) sebesar 28,4%. Sementara sumbangan relatif untuk prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan (X2) sebesar 71,6%. Sumbangan efektif variabel frekuensi latihan soal (X1) sebesar 14,91%. Sementara sumbangan efektif untuk Prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan (X2) sebesar 35,79% sedangkan sisanya sebesar 47,5% dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Frekuensi latihan soal, Prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan,Prestasi belajar Praktek Akuntansi I.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 27 May 2009 07:58
Last Modified: 17 Nov 2010 04:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1688

Actions (login required)

View Item View Item