Perbedaaan Kreativitas pada Siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT)

MARFU’AH, JAUHARIATUN (2007) Perbedaaan Kreativitas pada Siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (BaB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)

Abstract

Kreativitas merupakan suatu proses untuk menghasilkan sesuatu yang baru yang sebelumnya belum ada dan merupakan cerminan dari kelincahan, keluwesan dan keaslian dalam berpikir. Kreativitas dapat dibina, ditumbuhkan dan ditemukan kembali, hal ini dapat dicapai melalui praktik pendidikan. Semua mata pelajaran mestinya menumbuhkan daya kreativitas. Namun, dalam kenyataannya tidak selalu demikian. Salah satu faktor yang dinilai dapat mempengaruhi kreativitas siswa adalah sistem pendidikan yang diterapkan. Sistem pendidikan yang diterapkan di sekolah-sekolah dasar biasanya masih tergantung pada pendidik. Seperti kita ketahui, berdirinya sekolah-sekolah terpadu terutama Sekolah Islam Terpadu (SDIT) sedikit banyak mampu memberikan angin segar kepada para orang tua atau pun pendidik untuk memilih pendidikan yang dirasa cocok bagi perkembangan anaknya. Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) diharapkan siswa memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan Sekolah Dasar (SD). Kemampuan yang diharapkan dari siswa SDIT antara lain siswa lebih mandiri, kreatif, memiliki akhlak yang mulia, bertaqwa serta terampil. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kreativitas pada siswa SD dan SDIT dan untuk mengetahui perbedaan kreativitas pada siswa yang berinteligensi tinggi dan rendah. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada perbedaan kreativitas pada siswa SD dan SDIT dan ada perbedaan kreativitas pada siswa yang memiliki inteligensi tinggi dan rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD dan SDIT di Salatiga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan alat tes TKF dan CPM. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan teknik analisis dwivariat uji-t student antar kelompok sebesar -2.887 dengan p = 0.005 atau p < 0.05 yang berarti ada perbedaan kreativitas yang signifikan pada siswa SD dan SDIT, dan sebesar 1.556 dengan p = 0.127 atau p > 0.05 yang berarti tidak ada perbedaan kreativitas yang signifikan pada siswa yang memiliki inteligensi tinggi dan rendah. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah ada perbedaan kreativitas pada siswa SD dan SDIT dan tidak ada perbedaan kreativitas pada siswa yang memiliki inteligensi tinggi dan rendah. Sistem pendidikan memberikan sumbangan efektif sebesar 1.14 % terhadap kreativitas siswa dan inteligensi memberikan sumbangan efektif sebesar 7.2 % terhadap kreativitas siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perbedaaan Kreativitas, Siswa Sekolah Dasar (SD) , Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 15 Feb 2012 10:02
Last Modified: 15 Feb 2012 10:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16853

Actions (login required)

View Item View Item