Pengaruh Lama Pencampuran Magnesium Stearat (Dengan Kadar 0,5% dan 1%) Sebagai Bahan Pelicin Terhadap Sifat Fisik Tablet CTM (Chlorpheniramin maleat) secara kempa langsung

TRIWANTORO, HADI (2006) Pengaruh Lama Pencampuran Magnesium Stearat (Dengan Kadar 0,5% dan 1%) Sebagai Bahan Pelicin Terhadap Sifat Fisik Tablet CTM (Chlorpheniramin maleat) secara kempa langsung. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (111kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)

Abstract

Dalam pembuatan tablet, bahan pelicin dapat berpengaruh terhadap sifat fisik granul dan tablet. Pengaruh ini bisa disebabkan karena variasi konsentrasi dan lama pencampuran. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi dan lama pencampuran terhadap sifat fisik granul dan tablet CTM. Pada penelitian ini dibuat dua kelompok berdasarkan Variasi konsentrasi dan lama pencampuran bahan pelicin yang terdiri dari 8 formula, pada kelompok pertama menggunakan variasi konsentrasi magnesium stearat 0,5% terdiri dari FI-0,5% (1 menit); FII-0,5% (5 menit); FIII-0,5% (10 menit); dan FIV-0,5% (15 menit.). sedangkan kelompok kedua berdasarkan konsentrasi magnesium stearat 1% terdiri dari FV-1% (1 menit); FVI-1% (5 menit); FVII-1% (10 menit); dan FVIII-1% ( 15 menit). Granul yang diperoleh dicampur homogen dengan bahan pelicin untuk masing-masing konsentrasi dan variasi lama pencampuran. Kemudian campuran granul yang diperoleh diuji sifat fisiknya meliputi waktu alir, sudut diam dan homogenitas campuran. Selanjutnya dilakukan proses penabletan secara kempa langsung dengan mesin tablet single punch. Tablet yang diperoleh diuji sifat fisik meliputi keseragaman bobot, kekerasan, kerapuhan, waktu hancur dan keseragaman kandungan zat aktif. Data yang diperoleh dari uji sifat fisik granul dan tablet dianalisis menggunakan ANAVA dua jalan dengan taraf kepercayaan 95% dan dilanjutkan uji t– LSD ( Least Significant Difference) pada data yang terdapat perbedaan yang bermakna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sifat fisik campuran berupa hasil waktu alir, sudut diam dan homogenitas campuran untuk semua formula telah memenuhi persyaratan. Sifat fisik tablet semua formula untuk keseragaman bobot, kekerasan, kerapuhan dan waktu hancur memenuhi persyaratan. Keseragaman kandungan zat aktif tablet CTM untuk semua formula memenuhi persyaratan. Sifat fisik tablet antara formula pada konsentrasi magnesium stearat 0.5% dan 1% menunjukkan dengan semakin meningkatnya lama waktu pencampuran magnesium stearat kekerasan tablet cenderung turun, kerapuhan tablet semakin naik, dan waktu hancur tablet semakin lama. Untuk perbandingannya sifat tablet pada konsentrasi magnesium stearat 0,5% dibanding konsentrasi magnesium stearat 1% menunjukkan kekerasan tablet lebih tinggi, kerapuhan tablet lebih rendah dan waktu hancur tablet lebih cepat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lama pencampuran, magnesium stearat, CTM.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 15 Feb 2012 09:57
Last Modified: 15 Feb 2012 09:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16852

Actions (login required)

View Item View Item