SULISTYO WATI, DEWI EKO (2007) Pemodelan Strategi Usaha dengan Menggunakan Metode Swot (Studi Kasus di CV.Sinar Mandiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (237kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf Download (27kB) |
||
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
Abstract
Penelitiaan Tugas Akhir ini dilakukan di CV.Sinar Mandiri yang beralamat di Jetis Lor, Kedungan, Pedan, Klaten. Perusahaan ini bergerak di bidang percetakan yang memproduksi LKS (Lembar Kegiatan Siswa). Pemasaran merupakan suatu kunci untuk mencapai tujuan perusahaan dengan memperhatikan lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Permasalahan yang diangkat ialah bagaimana strategi usaha yang tepat untuk menghadapi pesaing. Dimana lingkungan internal terdiri dari operasi dan produksi, keungan, personalia, pemasaran, sedangkan lingkungan eksternal terdiri dari sosial ekonomi, pemasok dan pesaing. Alat analisis menggunakan metode SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman perusahaan dan untuk mendapatkan strategi usaha yang tepat. Dari hasil analisis menggunakan metode SWOT dapat diketahui bahwa kekuatan perusahaan : SDM yang ahli dan terampil, mempunyai variasi buku, kualitas buku dan tulisan bagus, selektif dalam penerimaan karyawan, gaji sesuai UMR, kerja sama dengan sales dan agen, organisasi antar sales dan agen, fasilitas dan tunjangan karyawan memadai. Kelemahan perusahaan: tidak ada penjadwalan produksi, lay out belum tertata, penelitiaan dan pengembangan tidak ada, masih ada mesin yang manual. Peluang : menciptakan lapangan pekerjaan, tidak terjadi persaingan harga, kerjasama dengan pihak sekolah, ketepatan pengiriman, kerjasana pengan pemasok, sadar akan pendidikan, organisasi antar percetakan. Ancaman: beralihnya konsumen dan pemasok, biaya pembeliaan bahan baku tinggi, munculnya pesaing baru, pendapatan didaerah bersifat agraris.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode SWOT |
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Feb 2012 05:42 |
Last Modified: | 15 Feb 2012 08:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16841 |
Actions (login required)
View Item |