Hubungan Tingkat Ketergantungan Pada Pasien Fraktur Dengan Immobilisasi Dengan Strategi Koping Di Ruang Az-Zaitun Rsui Kustati Surakarta

Suparjo , Suparjo (2007) Hubungan Tingkat Ketergantungan Pada Pasien Fraktur Dengan Immobilisasi Dengan Strategi Koping Di Ruang Az-Zaitun Rsui Kustati Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)

Abstract

Latar Belakang. Trauma sistem muskuloskeletal sering ditemukan pada zaman kendaraan berkecepatan tinggi seperti sekarang ini. Semua fraktur akan dilakukan immobilisasi untuk mempercepat proses penyambungan, yang akan berdampak pada ketergantungan dan dapat berakibat stress psikologis. Tujuan Penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat ketergantungan pada pasien fraktur dengan immobilisai dengan strategi koping. Populasi Penelitian. Populasi penelitian adalah pasien di IRNA Unit Selatan RSU Islam Kustati Surakarta dengan sampel 30 responden di ruang Az-Zaitun. Metode Penelitian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian cross sectional dengan desain korelasional. Metode pengumpulan data dengan observasi tingkat ketergantungan dan pengkajian strategi koping dengan pengisian kuesioner terhadap responden. Teknik Analisis. Tehnik analisis yang digunakan adalah uji korelasi dari Rank- Spearman. Hubungan tingkat ketergantungan pada pasien fraktur dengan immobilisasi dengan strategi koping degan hasil rho = 0,460 dengan ρ = 0,011 pada tingkat signifikan 0,05. Kesimpulan. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah ada hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat ketergantungan pada pasien fraktur dengan immobilisasi dengan strategi koping. Saran. Kepada RSU Islam Kustati Surakarta khususnya bagi perawat diharapkan menambah pengetahuan mengenai strategi koping dari berbagai disiplin ilmu sehingga perawat mampu memberikan fasilitas koping yang efektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat ketergantungan, Fraktur, Immobilisasi, Strategi koping.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2012 10:07
Last Modified: 02 Feb 2012 10:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16650

Actions (login required)

View Item View Item