MUSTOFA , IMAM (2007) EVALUASI MEDAN UNTUK KETERLINTASAN JALAN PADA JALUR ANTARA BANJARNEGARA – BATUR KABUPATEN BANJARNEGARA JAWA TENGAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
|
PDF (haldepan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (bab1)
BAB_I.pdf Download (777kB) |
|
PDF (bab2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
PDF (bab3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
PDF (bab4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (daftarpustaka)
BAB_V.pdf Download (628kB) |
|
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Banjarnegara Propinsi Jawa Tengah yang berfokus pada lintas jalan antara Banjarnegara-Batur dengan tujuan : 1). untuk mengetahui kelas kesesuaian medan untuk bangunan jalan, 2). mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan ketidaksesuaian medan untuk bangunan jalan dan 3) . mengevaluasi dan menganalisa jenis kerusakan jalan pada masing-masing kelas kesesuaian medan di daerah penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey yang meliputi pengamatan, pencatatan dan pengukuran langsung di lapangan dan analisa laboratorium. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang terjabarkan dalam 15 parameter kesesuaian medan untuk bangunan jalan yang meliputi kemiringan lereng, panjang lereng, indeks beban titik, indeks keausan batuan, struktur perlapisan batuan, tekstur tanah, indeks golongan tanah, permeabilitas tanah, kadar air, potensi perubahan volume, pengatusan permukaan, kedalaman erosi, gerak massa, intensitas hujan dan kerapatan aliran. Dalam pengambilan sampel di lapangan pada penelitian ini menggunakan teknik strafield sampling dengan satuan medan sebagai satuan pemetaan. Analisa data yang telah diperoleh dan dikumpulkan dalam penelitian yaitu dengan mengharkatkan masing-masing parameter medan dari masing-masing satun medan yang kemudian ditotal jumlah harkat tersebut untuk di masukkan kedalam kelas kesesuaian medan untuk bangunan jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daerah penelitian terbagi menjadi 3 kelas kesesuaian medan yaitu : kelas kesesuaian medan sesuai yang terdiri dari 2 satuan medan yaitu F1 I Lc dan S5 III PdmRe dengan masing-masing jumlah total harkat 54 dan 53 dan mempunyai faktor pembatas tanah dengan parameter tekstur, indeks golongan tanah, permeabilitas dan pengatusan permukaan, kelas kesesuaian medan sedang yang terdiri dari 20 satuan medan yaitu S1 I GrM, S1 I LmLit, S2 II Lc, S3 II GrM, S3 II LmLit, S4 II GrM, S5 III Lc, S6 III PdmRe, S6 III GrM, S7 III Lct, S7 III GrM, S8 III GrM, S9 III GrM, S10 IV PdmRe, S11 IV LmLit, S12 IV Lct, S12 IV GrM, S12 IV LmLit, S13 V GrM, S13 V PdmRe dengan jumlah total harkat masing-masing 39-50 dan mempunyai faktor pembatas relief, geologi, tanah, proses geomorfologi dan hidrologi, dan kelas kesesuaian medan tidak sesuai yang terdiri dari 2 satuan medan S11 IV GrM dan S14 V GrM dengan masing-masing jumlah total harkat 37 dan 36 yang mempunyai faktor pembatas relief, geologi, tanah dan proses geomorfologi Hasil akhir disajikan dalam bentuk peta kesesuaian medan untuk keterlintasan jalan antara Banjarnegara-Batur dengan skala 1 : 110.000.
Item Type: | Karya ilmiah (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembatas relief, geologi, tanah dan proses geomorfologi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Geografi > Geografi Fakultas Geografi > Geografi Fakultas Geografi > Geografi |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 26 Jan 2012 11:03 |
Last Modified: | 26 Jan 2012 11:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16591 |
Actions (login required)
View Item |