Analisis Peranan Terminal baru Kartasura Terhadap Munculnya Zona-zona tunggu Pengguna Jasa Transportasi Angkutan Umum Kecamatan Kartasura

Susmanto, Rudy (2007) Analisis Peranan Terminal baru Kartasura Terhadap Munculnya Zona-zona tunggu Pengguna Jasa Transportasi Angkutan Umum Kecamatan Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (129kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (130kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Terminal Kartasura dan 10 zona tunggu pengguna jasa transportasi angkutan umum di sekitar terminal Kartasura. Kesepuluh zona tunggu tersebut diantaranya zona tunggu Ngabeyan, perempatan Kartasura, depan terminal lama, barat tugu, timur tugu, pertigaan arah Yogyakarta dan Sukoharjo, warna-warni, yang terdapat di Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Propinsi Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan : (1) mengetahui pelayanan yang diberikan terminal baru Kartasura terhadap para pengguna jasa transportasi angkutan umum; (2) mengetahui motif yang mendasari pengguna jasa transportasi angkutan umum lebih memilih menunggu angkutan umum di zona-zona tunggu tertentu di luar terminal baru Kartasura; (3) mengetahui factor daya dukung lingkungan dan factor ekonomi pengguna jasa transportasi angkutanumum pada tiap-tiap zona tunggu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian survai dengan mengadakan wawancara menggunakan daftar pertanyaan. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan metode Accidentil Sampling, karena jumlah responden yang menunggu angkutan umum pada zona-zona tertentu tidak diketahui secara pasti jumlahnya. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tabel frekuensi, tabel silang, dan analisa deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer meliputi Karakteristik responden yaitu pengguna jasa transportasi angkutan umum, pendapatan responden, orientasi pengguna jasa angkutan umum menunggu angkutan umum di zona-zona tunggu tertentu, mata pencaharian responden. Data sekunder berupa data monografi dari BPS Kecamatan Kartasura Dalam Angka Tahun 2004, data dari DLLAJ Kabupaten Sukoharjo, data kondisi fisik terminal Kartasura dari kantor terminal Katasura, data AMDAL pembangunan terminal Kartasura dan studi mengenai daerah strategis dan potensial di Kecamatan Kartasura dari BAPPEDA Kabupaten Sukoharjo, master plan pembangunan terminal Kartasura dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukoharjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pelayanan yang diberikan terminal Kartasura kepada pengguna jasa transportasi angkutan umum masih rendah; (2) Motif yang mempengaruhi pengguna jasa menunggu angkutan umum pada zona tunggu di luar terminal Kartasura ada tiga motif, yaitu tempat tinggal, tempat tujuan, daerah asal menunggu angkutan umum; (3) Faktor daya dukung lingkungan banyak memberikan pengaruh terhadap munculnya zona tunggu, akan tetapi faktor ekonomi pengguna jasa tidak banyak berpengaruh terhadap munculnya zona tunggu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: transportasi angkutan umum, terminal
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Jan 2012 09:55
Last Modified: 06 Jan 2012 10:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16472

Actions (login required)

View Item View Item