KARBIANTORO, DIDIK WAHYU (2011) Pendayagunaan Alat Peraga Matematika Di SMP Negeri 2 Tasikmadu. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Hal Depan)
Bagian_Awal__rev_.pdf Download (112kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
Didik_Bab_1.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Bab 2)
Didik_Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
PDF (Bab 3)
Didik_Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab 4)
bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
PDF (Bab 5)
bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
PDF (Bab 6)
bab_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
da_pus.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran_tesis_DIDIK_ASLI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan : 1) kondisi dan pemeliharan alat peraga matematika, 2) kesiapan guru memanfaatkan alat peraga Matematika, 3) aktivitas pemanfaatan alat peraga dalam pembelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Tasikmadu. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Informannya Kepala Sekolah, dan guru. Metode pengumpulan datanya dengan observasi berperan, wawancara mendalam, dan dokumen. Analisis data penelitian menggunakan analisis interaktif model. Kesimpulan penelitian adalah : 1) Kondisi dan pemeliharaan alat peraga Matematika dalam kondisi baik dengan pengelompokan menurut ukuran, bahan dan kegunaan. Alat peraga disimpan dalam ruang penyimpanan. Peralatan yang tidak beresiko disimpan pada rak penyimpanan, sedangkan yang beresiko disimpan dalam kotak atau almari. Semua alat peraga diinventarisir secara berkala. Hal itu untuk memastikan kondisi siap pakai. 2) Kesiapan guru dalam pemanfaatan alat peraga mencakup administratif maupun personal. Kesiapan administratif mencakup penguasaan standar kompetensi, kompetensi standar, penguasaan materi, metode, teknik penilaian serta pemilihan alat peraga. Kesiapan personal mencakup kepribadian guru misalnya mampu membimbing siswa, sabar, menghargai perbedaan setiap siswa, mampu mendesain kegiatan sesuai suasana kelas serta penguasaan alat peraga. 3) Aktivitas pemanfaatan alat peraga dilakukan dengan melibatkan siswa sebagai subyek sekaligus obyek belajar serta mendorong keterlibatan siswa secara aktif. Pemanfaatan alat peraga dilakukan dengan penyampaian materi, menghubungkan pengalaman siswa dengan materi yang akan diajarkan, memberikan gambaran secara abstrak kepada siswa dilanjutkan dengan gambaran konkrit menggunakan alat peraga Matematika yang telah disiapkan guru. Aktivitas pembelajaran yang berlangsung cenderung kondusif terlihat dari motivasi, perhatian serta suasana pembelajaran yang mampu mendorong seluruh partisipasi kelas. Kata kunci : pendayagunaan, alat peraga
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendayagunaan, alat peraga |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 04 Jan 2012 10:21 |
Last Modified: | 04 Jan 2012 15:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16439 |
Actions (login required)
View Item |