Penerapan Metode Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Aktivitas Ekonomi Penduduk Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Kaliboto Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011

Karyati, Sri (2011) Penerapan Metode Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Aktivitas Ekonomi Penduduk Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Kaliboto Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HAL_DEPAN.pdf

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi Aktivitas Ekonomi Penduduk melalui penerapan metode pembelajaran Inside Outside Circle pada siswa Kelas IV SD Negeri 03 Kaliboto kecamatan Mojogedang kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Indikator pencapaian yang akan dicapai adalah ketuntasan belajar siswa mencapai sekurang-kurangnya 85%. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data hasil belajar IPS siswa diperoleh data ketuntasan belajar siswa pada pre test hanya mencapai 45%, pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 70%, dan hasil belajar siswa mencapai hasil optimal pada siklus II sebesar 90%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dan mencapai hasil optimal pada siklus II dengan hasil 90% siswa dapat memenuhi nilai KKM (70). Hal ini telah memenuhi indikator pencapaian yang ditentukan yaitu ketuntasan belajar siswa sekurang-kurangnya mencapai persentase 85%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Inside Outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Aktivitas Ekonomi Penduduk pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Kaliboto kecamatan Mojogedang kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas ekonomi penduduk, hasil belajar siswa, Inside Outside Circle
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Jan 2012 05:08
Last Modified: 04 Jan 2012 05:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16412

Actions (login required)

View Item View Item