Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Student Team Heroic Leadership dan Resource Based Learning Terhadap Prestasi Siswa Ditinjau daru Motivasi Belajar Matematika pada Keliling dan Luas Segitiga (Eksperimen Kelas VII SMP Negeri 2 Tirto Pekalongan Tahun 2011)

NISA, KHOIRUN (2011) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Student Team Heroic Leadership dan Resource Based Learning Terhadap Prestasi Siswa Ditinjau daru Motivasi Belajar Matematika pada Keliling dan Luas Segitiga (Eksperimen Kelas VII SMP Negeri 2 Tirto Pekalongan Tahun 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
00.pdf

Download (349kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
01.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (BAB II)
02.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (BAB III)
03.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB IV)
04.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] PDF (BAB V)
05.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
06.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
07.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian, menganalisis dan menguji tentang: (1) pengaruh strategi pembelajaran Student team heroic leadership dan Resource based learning terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran Student team heroic leadership dan Resource based learning terhadap prestasi belajar dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi ditinjau dari motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V11 SMP N 2 Tirto Pekalongan yang berjumlah 130 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 52 siswa yang terdiri dari 26 siswa sebagai kelas student team heroic leadership dan 26 siswa sebagai kelas resource based Learning. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian semua kelas(kelompok)yang mempunyai lemampuan merata. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan program Exel untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran Student team heroic leadership dan Resource based learning terhadap prestasi belajar matematika, dengan  = 5% (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika, dengan = 5% (3) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan = 5%.Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar ditinjau dari strategi pembelajaran dan motivasi belajar, sedangkan interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar tidak memberikan dampak yang berarti pada prestasi belajar khususnya dalam pokok bahasan keliling dan luas segitiga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, Motivasi belajar, Prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2012 07:36
Last Modified: 03 Jan 2012 07:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16403

Actions (login required)

View Item View Item