Perancangan Ulan Dan Pembuatan Alat Penghancur Limbah Batu Merah Dan Genting di Tinjau Dari Aspek Teknis (Studi kasus : Perusahaan Genteng “ATIN” Karanggeneng Boyolali)

Satoto, Ibnu (2007) Perancangan Ulan Dan Pembuatan Alat Penghancur Limbah Batu Merah Dan Genting di Tinjau Dari Aspek Teknis (Studi kasus : Perusahaan Genteng “ATIN” Karanggeneng Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (758kB)
[img]
Preview
PDF (BAb.I)
Bab_I.pdf

Download (668kB)
[img] PDF (Bab.II)
Bab_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[img] PDF (Bab.III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img] PDF (Bab.IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab.V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img]
Preview
PDF (Lapmpiran)
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini membahas permasalahan yang timbul pada Perusahaan Genteng ’ATIN’ pada khususnya dan perusahaan genteng di wilayah Karanggeneng, Boyolali pada umumnya. Permasalahan yang terjadi adalah tentang pengolahan limbah genteng dan batu merah yang selama ini belum maksimal. Pengolahan yang sudah dilakukan yaitu limbah genteng dan batu merah dihancurkan dengan mesin penghancur yang sudah ada saat ini. Hasil dari pengolahan tersebut berupa semen merah. Tapi semen merah yang dihasilkan mesin tersebut belum bisa memenuhi kebutuhan sebagian besar konsumen yang menginginkan spesifikasi tertentu. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen tersebut, maka diperlukan suatu alat yang dapat memenuhi harapan mereka. Langkah yang dilakukan adalah mengumpulkan data dari konsumen tentang spesifikasi semen merah dan kriteria mesin yang mereka inginkan. Kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Metode QFD tersebut digunakan untuk menterjemahkan kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen. Dari pengolahan data dengan QFD menghasilkan parameter-parameter teknik dan prioritas dari parameter teknik yang digunakan sebagai dasar dalam melakukan suatu perancangan alat yang baru. Parameter teknik merupakan terjemahan dari kebutuhan konsumen dalam bentuk bahasa teknik. Setelah dilakukan perancangan dan pembuatan mesin penghancur limbah genteng dan batu merah yang baru, maka dilakukan analisis dan perbandingan antara mesin lama dan mesin hasil rancangan sehingga dapat diketahui perbedaan dari kedua mesin tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mesin penghancur, QFD, parameter teknik, perancangan dan pembuatan.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 Dec 2011 10:48
Last Modified: 28 Dec 2011 10:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16373

Actions (login required)

View Item View Item