Praktik Jual Beli Barang Rongsokan Dalam Perspektif Hukum Islam ( Studi Kasus di Desa Cabean Kunti, Kec. Cepogo, Kab. Boyolali )

Sumiyati, Sumiyati (2007) Praktik Jual Beli Barang Rongsokan Dalam Perspektif Hukum Islam ( Studi Kasus di Desa Cabean Kunti, Kec. Cepogo, Kab. Boyolali ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (285kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)

Abstract

Dalam perkembangan ekonomi pada masa sekarang ini telah banyak muncul berbagai macam praktik jual beli. Salah satu diantaranya adalah praktik jual beli barang rongsokan, jual beli ini berlangsung sesuai adat kebiasaan daerah setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan hukum islam terhadap praktik jual beli barang rongsokan yang berlangsung di Desa Cabean Kunti. Manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran, sehingga dapat tercipta praktik jual beli yang sesuai dengan hukum islam terutama dalam praktik jual beli barang rongsokan. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif evaluatif, yaitu memberikan data sesuai dengan pelaksanaan jual beli barang rongsokan di Desa Cabean Kunti, kemudian mengevaluasinya. Sumber data meliputi data primer yang diperoleh langsung dari pihak yang bersangkutan, dan data sekunder dengan mempelajari bahan kepustakaan yang berkaitan dengan penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan (Library Research) dan studi lapangan (field research) dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan analisa kualitatif. Dimana data yang diperoleh didesain secara sistematis dengan pola deduktif untuk tarik suatu kesimpulan. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa praktik jual beli barang rongsokan yang berlangsung di Desa Cabean Kunti belum sesuai dengan syarat sah jual beli, karena adanya sistem borong yang mengakibatkan tidak diketahuinya kualitas tesebut dan adanya sistem persekot yang termasuk ke dalam jual beli yang dilarang oleh islam.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: jual beli, barbang rongsokan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Ekonomi Syariah (HES)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 28 Dec 2011 09:39
Last Modified: 16 Feb 2012 06:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16360

Actions (login required)

View Item View Item