NURDIYANTO, DODIK FREDO (2008) USAHA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN PENDEKATAN FUZZY DAN METODE SERVICE QUALITY PADA PUSAT PERBELANJAAN ASSALAAM HYPERMARKET. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
D600020005.pdf Download (1MB) |
Abstract
Assalaam Hypermarket merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa yang terus berhubungan dengan pelanggan. Dengan demikian perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan sehingga para pelanggan merasa nyaman dan puas, dan perlu adanya sebuah metode untuk mengukur kualitas pelayanan Assalaam Hypermarket. Langkah-langkah pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan penyebaran kuisioner dari beberapa kriteria. Kriteria-kriteria terebut diperoleh melalui wawancara dan studi pustaka. Metode yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan menggunakan Fuzzy Servqual. Hasil pengolahan data, diperoleh bahwa nilai uzzy-servqual per kriteria secara keseluruhan memiliki nilai negatif sehingga Assalaam Hypermarket perlu melakukan perbaikan disemua kriteria. Hal ini juga menunjukkan bahwa harapan pelanggan belum sesuai dengan persepsi pelayanan yang mereka terima. Dengan Hasil tersebut pihak manajemen Assalaam Hypermarket perlu segera melakukan perbaikan kualitas pelayanan demi menarik pelanggan. Kriteria tempat parkir yang luas merupakan hal utama yang dikeluhkan pelanggan, sedangkan kriteria lokasi yang mudah dijangkau dan strategis kurang diperhatikan pelanggan karena memiliki gap persepsi dan harapan pelanggan terkecil.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Fuzzy Servqual, Kualitas Pelayanan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 May 2009 07:51 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 04:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1632 |
Actions (login required)
View Item |