Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Jawa (Studi Situs Di SMA N 15 Semarang)

Erawati, Triyas Erna (2011) Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Jawa (Studi Situs Di SMA N 15 Semarang). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan ciri-ciri persiapan pembelajaran Bahasa Jawa di SMAN 15 Semarang. (2) Mendeskripsikan proses pembelajaran Bahasa Jawa di SMAN 15 Semarang. (3) Mendeskripsikan ciri-ciri evaluasi pembelajaran Bahasa Jawa di SMA N 15 Semarang. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di di SMAN 15 Semarang. Subjek utama penelitian adalah Kepala Sekolah, guru, dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data diawali dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini adalah (1) Persiapan pembelajaran Bahasa Jawa di SMAN 15 Semarang dilakukan dengan menyiapkan silabus. Silabus yang digunakan disusun secara bersama-sama oleh guru Bahasa Jawa se- Kota semarang melalui MGMP. Guru juga menyiapkan RPP, yang berisi materi, metode pembelajaran, media dan sumber belajar, penilaian serta waktu pembelajaran. Sumber bahan ajar yang dipersiapkan guru tidak hanya berupa buku teks saja namun menyiapkan sumber bahan ajar dari laporan hasil penelitian, jurnal, pakar bidang studi, internet media audio visual seperti TV, Video, dan VCD serta sumber bahan ajar lingkungan. (2) Proses pembelajaran Bahasa Jawa di SMAN 15 Semarang dilakukan dengan melakukan tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, inti dan akhir. Kegaitan awal dilakukan guru dengan melakukan apersepsi. Kegiatan inti dalam proses pembelajaran Bahasa Jawa dilakukan dengan menggunakan metode yang inovatif, menggunakan berbagai sumber bahan ajar, serta menyampaikan materi Bahasa Jawa menggunakan media pembelajaran. Kegiatan akhir dalam pembelajaran Bahasa Jawa dilakukan dengan meminta siswa untuk mempelajari materi berikutnya, pemberian PR, memberikan pertanyaan mengenai materi yang telah dipelajari, serta memberikan pos test. (3) Evaluasi pembelajara Bahasa Jawa di SMAN 15 Semarang dilakukan beberapa kali. Penilaian yang dilakukan meliputi penilaian ulangan harian, tes tengah semester, dan tes akhir semester. Bagi siswa yang belum memenuhi KKM akan mengikuti kegiatan remedial. Bentuk evaluasi yang diberikan guru dalam evaluasi pembelajaran diantaranya tes tertulis, uraian, bahkan praktek atau unjuk kerja. Aspek yang dinilai dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran Bahasa Jawa meliputi beberapa aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, bahasa jawa, persiapan, proses, evaluasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Dec 2011 06:34
Last Modified: 24 Dec 2011 06:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16319

Actions (login required)

View Item View Item