Birhad, Birhad (2011) Social Capital dan Prestasi Sekolah (Studi Situs di SMP Negeri 1 Tayu). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (65kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I_BIRHAD.pdf Download (35kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II_BIRHAD.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III_BIRHAD_JD.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV_PAPARAN_DATA.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V_PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
PDF (BAB VI)
BAB_VI_BIRHAD.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang 1) bagaimana karakteristik pengelolaan social capital di SMP Negeri 1 Tayu, 2) bagaimana karakteristik prestasi sekolah SMP Negeri 1 Tayu, dan 3) bagaimana karakteristik social capital dalam mewujudkan prestasi sekolah di SMP Negeri 1 Tayu Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan meggunakan pendekatan penelitian etnografi. Etnogtrafi merupakan penelitian yang mendikripsikan sebuah budaya dari suatu kelompok yang sedang diteliti atau dipelajari. Sehingga data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui pengamatan terhadap obyek penelitian, yaitu budaya SMP Negeri 1 Tayu dalam mewujudkan prestasi sekolah. Kemudian melakukan wawancara mendalam, dan melakukan studi dokumentasi. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, para guru dan siswa, komite sekolah serta masyarakat. Juga diperoleh dari kegiatan sekolah, dan berbagai dokumen yang terkait dengan fokus penelitian. Hasil temuan dari penelitian menunjukkan bahwa pertama, pengelolaan modal sosial (social capital) yang meliputi; kepercayaan, norma atau pranata sosial (norms) dan jaringan sosial (networkings) diperlukan manajemen yang baik agar dapat menjembatani kerjasama yang harmonis. Kedua, prestasi sekolah baik akademis maupun non akademis hendaknya terus-menerus diupayakan oleh sekolah karena hal tersebut merupakan modal kepercayaan masyarakat terhadap sekolah. Ketiga, dalam mewujudkan prestasi sekolah di SMP Negeri 1 Tayu tidak hanya mengandalkan modal pembiayaan saja, tetapi lebih mengandalkan pada dukungan modal sosial. Karena dengan dengan adanya dukungan modal sosial yaitu kepercayaan masyarakat, paranata sosial, dan jaringan sosial, niscaya sekolah dapat dengan mudah mewujudkan prestasi sekolah. Oleh sebab itu sekolah harus membangun kepercayaan masyarakat guna memberdayakan komunitas sekolah, dengan melibatkan guru dan seluruh elemen sekolah, termasuk orang tua atau komite, wali kelas, guru mata pelajaran, dan juga instansi lain yang kompeten dalam mewujudkan prestasi sekolah. Berdasarkan penelitian ini, peneliti mengajukan dua rekomendasi. Pertama, sekolah hendaknya mampu mengelola modal sosial secara optimal dengan membangun sikap kepercayaan, jaringan sosial, dan pranata sosial dalam mewujudkan prestasi sekolah yang lebih baik. Kedua, dalam penyelenggaraan pendidikan hendaknya ada program yang lebih jelas dan berkesinambungan. Disamping juga perlu ada evaluasi keberhasilan sesuai dengan prestasi yang diharapkan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modal Sosial, kepercayaan, pranata sosial, jaringan sosial, prestasi sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 24 Dec 2011 04:30 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 02:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16312 |
Actions (login required)
View Item |