S U N O T O , S U N O T O (2011) Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Sistematika Nuzulnya Wahyu (Studi Situs Pesantren Hidayatulllah Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
Judul.pdf Download (68kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (Bab VI)
Bab_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
Abstract
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengembangkan wacana keilmuan tentang manajemen pembelajaran bertitik tolak dari teori yang ada serta berdasarkan implementasi yang dilaksanakan di suatu tempat di mana dijadikan objek penelitian. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar pemikiran konsep Sistematika Nuzulnya Wahyu, pengelolaan/manajemen pembelajaran dan interaksi pembelajaran berbasis Sistematika Nuzulnya Wahyu di Pesantren Hidayatullah Surakarta. Penelitian ini merupakan studi situs Pesantren Hidayatullah Surakarta dengan pendekatan kualitatif yang berkarakteristik eksploratif fenomenologis. Data tertulis berupa buku, dokumen, dan majalah yang berkaitan, sedangkan data yang tidak tertulis didapat di Pesantren Hidayatullah Cabang Surakarta. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara yang dianalisa dalam bentuk kata verbal dengan interpretasi koherensi. Hasil penelitian menemukan bahwa Pesantren Hidayatullah Surakarta menggunakan pendekatan Metode Sistematika Nuzulnya Wahyu dalam proses pembelajarannya.Sistematika Nuzulnya Wahyu adalah suatu metode pembelajaran yang merujuk pada urutan turunnya (nuzul) atau proses diwahyukannya ayat-ayat Al Qur’an permulaan dari Allah subhanahu wa ta’ala kepada Nabi Muhammad shallahu ’alaihi wassallam yaitu surat Al ’Alaq ayat 1-5, surat Al Qalam ayat 1-7, surat Al Muzzammil ayat 1-10, surat Al Mudatstsir ayat 1-7 dan surat Al Fatihah ayat 1-7. Pengelolaan pembelajaran berbasis Sistematika Nuzulnya Wahyu diimplementasikan oleh Pondok Pesantren Hidayatullah Surakarta dalam bentuk training, dakwah lapangan atau penugasan dai.Interaksi pembelajaran yang terjadi di Pondok Pesantren Hidayatullah Surakarta adalah pola interaksi multi arah; antara santri dengan santri, santri dengan pengasuh/ustadz, serta santri dengan pengasuh/ustadz dengan sumber / materi pembelajaran. Konsep pembelajaran, materi pembelajaran, pengelolaan dan pola interaksi berbasis Sistematika Nuzulnya Wahyu yang diterapkan di Pondok Pesantren Hidayatullah Surakarta terbukti mampu menghasilkan kader-kader Islam yang memiliki semangat juang yang cukup tinggi terutama untuk mendakwahkan Islam.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pesantren, Nuzulnya Wahyu, pengelolaan, interaksi pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 22 Dec 2011 10:03 |
Last Modified: | 22 Dec 2011 10:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16266 |
Actions (login required)
View Item |