Upaya Peningkatan Ketrampilan Menyususn Cerita dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD N 3 Sumberagung Klego Boyolali

MARYANA, MARYANA (2011) Upaya Peningkatan Ketrampilan Menyususn Cerita dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD N 3 Sumberagung Klego Boyolali. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (300kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (BAB VI)
08._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10._Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya peningkatan ketrampilan menyusun cerita dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V di SD Negeri 3 Sumberagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 3 Sumberagung Klego Boyolali dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V, guru Bahasa Indonesia, dan kepala SD Negeri 3 Sumberagung. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi, tanya jawab, validasi data dengan teknik triangulasi, teknik analisis data yang digunakan analisis isi. Ada tiga hal dari hasil penelitian ini: (1) Kondisi keterampilan menyusun cerita dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 3 Sumberagung Klego Boyolali berdasarkan hasil pengamatan selama mengajar di kelas V dan nilai akhir semester I serta tes sebelum penelitian dilaksanakan menunjukkan bahwa penguasaan kosakata siswa masih sangat rendah. Pada kegiatan menyusun cerita, siswa dalam menuangkan ide, pikiran, dan daya imajinasinya ke dalam bentuk bahasa secara lisan dan tertulis masih kurang dan bingung. Secara lisan (membaca), ketika siswa secara individu disuruh membacakan hasil cerita yang dibuatnya secara umum tidak mengalami masalah karena dari aspek membaca siswa sudah lancar. Secara tertulis, kesalahan yang dibuat siswa adalah dalam membuat judul, membuat kata, dan membuat cerita tidak sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Hal ini terkait dengan latar belakang kebahasaan siswa. Namun secara umum aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran adalah baik; (2) Metode pembelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 3 Sumberagung Klego Boyolali adalah ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada keterampilan menyusun cerita, guru telah mengembangkan metode pembelajaran yang baru, yaitu metode bermain dengan menggunakan media pembelajaran; dan (3) Upaya meningkatkan keterampilan menyusun cerita dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN 3 Sumberagung Klego Boyolali dilakukan dengan menggunakan metode bermain dengan media gambar. Pemberian gambar membantu siswa mengembangkan daya imajinasinya sehingga merangsang munculnya kosakata-kosakata baru dan siswa tampaknya mendapatkan peningkatan perbaikan yang berarti.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menyusun cerita, keterampilan Bahasa Indonesia
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 22 Dec 2011 06:23
Last Modified: 22 Dec 2011 06:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16249

Actions (login required)

View Item View Item