Model Account Representative Dalam Mengamankan Penerimaan Negara Sektor Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta

RIJAL, AHLUL (2011) Model Account Representative Dalam Mengamankan Penerimaan Negara Sektor Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover.pdf

Download (248kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (317kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_CONTOH_MODEL_ACCOUNT_REPRESENTATIVE__YANG_IDEAL_MENURUT_PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)

Abstract

Direktorat Jenderal Pajak telah melakukan reformasi birokrasi yang bersifat menyeluruh dan komprehensif di segala bidang. Salah satunya melalui pembentukan Kantor Pelayanan Pajak Pratama dengan menerapkan sistem administrasi perpajakan modern dengan didukung teknologi informasi terkini. Serta adanya petugas Account Representative (AR) untuk memberikan pelayanan prima kepada Wajib Pajak / masyarakat, yang berorientasi pada kepuasan Wajib Pajak, mempermudah dan membantu Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Penelitian ini difokuskan untuk meneliti diterapkannya Model Account Representative Dalam Mengamankan Penerimaan Negara Sektor Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta. Responden dalam penelitian ini adalah Account Representative dan Wajib Pajak/masyarakat di lingkungan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja Account Representative, faktor-faktor yang mempengaruhi dibentuknya Account Representative, dan dampak dibentuknya Account Representative. Hal ini mempunyai pengaruh terhadap penerimaan Negara sektor pajak. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif, dengan mempergunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Dan dianalisis dengan metode kualitatif, menggunakan jenis penelitian deskriptif yang semata-mata memaparkan masalah yang telah diteliti. Sedangkan untuk menarik kesimpulan menggunakan metode deduktif-kualitatif, yakni suatu cara penelitian yang menghasilkan data-data deskriptif analisis yaitu apa yang dikatakan responden baik secara lisan maupun tertulis dan juga perilaku yang secara nyata diteliti dan dipelajari serta dipahami secara utuh. Setelah diseleksi dan disusun kembali kemudian disimpulkan secara sistematis. Hasil penelitian ini, diharapkan dengan dibentuknya Account Representative dapat merubah pandangan negatif Wajib Pajak/masyarakat, menjadi Kantor Pelayanan Pajak sebagai instansi pemerintah yang bertugas memberikan kepuasan pelayanan dengan kemudahan, untuk memberikan konsultasi dan bimbingan mengenai permasalahan perpajakan bagi Wajib Pajak yang mengalami kesulitan dalam menangani masalah administrasi perpajakan, sehingga akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap instansi pemerintah ini dalam rangka mengamankan penerimaan Negara sektor pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Negara Sektor Pajak dan Model Account Representative
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Hukum
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Dec 2011 05:43
Last Modified: 22 Dec 2011 05:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16244

Actions (login required)

View Item View Item