WIDAYATI, NIKEN (2011) Prestasi Belajar Ekonomi Ditinjau dari Frekuaensi Belajar, Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tengaran Kabypaten Semarang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (141kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (107kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tengaran; 2) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tengaran; 3) Pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tengaran; 4) Pengaruh frekuensi belajar, pemanfaatan perpustakaan sekolah, dan motivasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tengaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tengaran. Sampel diambil sebanyak adalah 40 orang siswa dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 8,343 + 1,256X1 + 0,753X2 + 0,654X3. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh frekuensi belajar, pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tengaran, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,351 > 2,339 dan nilai signifikansi 0,024 < 0,05, dengan sumbangan efektif sebesar 14,38%; 2) Ada pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tengaran, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitun > ttabel, yaitu 2,988 > 2,339 dan nilai signifikansi 0,005 < 0,05, dengan sumbangan efektif sebesar 19,05%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tengaran, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,498 > 2,339 dan nilai signifikansi 0,017 < 0,05, dengan sumbangan efektif sebesar 17,27%; 4) Ada pengaruh yang signifikan antara frekuensi belajar, pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tengaran, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 12,335 > 2,866 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,507 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh frekuensi belajar, pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 50,7% sedangkan 49,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar, Frekuensi Belajar, Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Motivasi Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 19 Dec 2011 08:07 |
Last Modified: | 19 Dec 2011 08:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16155 |
Actions (login required)
View Item |