Formulasi Sediaan Tablet Fast Disintegrating Antasida dengan Explotab sebagai Bahan Penghancur dan Stralac sebagai Bahan Pengisi

MARLITA, DEWI SARI (2011) Formulasi Sediaan Tablet Fast Disintegrating Antasida dengan Explotab sebagai Bahan Penghancur dan Stralac sebagai Bahan Pengisi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (165kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19B)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)

Abstract

Fast Disintegrating Tablet (FDT) adalah salah satu bentuk sediaan tablet yang mudah pecah dalam rongga mulut tanpa bantuan air dari luar dan dapat hancur kurang dari 1 menit. Bahan yang berpengaruh dalam fast disintegrating tablet (FDT) adalah bahan penghancur atau superdisintegrant dan bahan pengisi. Bahan penghancur yang digunakan adalah Explotab® dan bahan pengisinya adalah Starlac®. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Explotab® dan Starlac® terhadap sifat alir campuran serbuk dan sifat fisik tablet fast disintegrating yang meliputi Kandungan lembab granul (MC), kecepatan alir, keseragaman bobot, kekerasan, kerapuhan waktu pembasawi dan uji penetralan asam. Fast Disintegrating Tablet (FDT) dibuat dengan metode granulasi basah, dibuat 5 formula dengan berbagai perbandingan Explotab® dan Starlac® yaitu F1 (10% : 12,3%), F2 (12,5% : 9,83%), F3 (15% : 7,33%), F4 (17,5%: 4,83%), F5 ( 20% : 2,33%). Metode penambahan bahan penghancur dilakukan secara kombinasi (internal dan eksternal). Granul diuji kandungan lembab granul (MC) dan kecepatan alirnya. Granul ditablet, uji sifat fisik tablet meliputi keseragaman bobot, kekerasan, kerapuhan, waktu pembasahan.dan uji penetralan asam. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik ANOVA dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kombinasi Starlac® sebagai bahan pengisi dan Explotab® sebagai bahan penghancur berpengaruh terhadap sifat fisik tablet, semakin banyak Starlac® dapat meningkatkan kecepatan alir, kekerasan, menurunkan kerapuhan, dan meningkatkan waktu pembasahan tablet serta kombinasi Starlac® dan Explotab® pada formula I dengan perbandingan Starlac® (10%) dan Explotab (12,3%) dapat membentuk tablet dengan waktu hancur yang cepat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK K100/2011 - 41
Uncontrolled Keywords: Antasida, Explotab, Starlac, Tablet fast disintegrating.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Dec 2011 05:06
Last Modified: 18 Jan 2012 06:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16127

Actions (login required)

View Item View Item