Analisis Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kelengkapan Pencacatan Anak Balita pada Sistem Informasi Posyandu (SIP) di Puskesmas Sidorejo Kidul Kota Salatiga

WIDIASTUTI, TINA (2011) Analisis Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kelengkapan Pencacatan Anak Balita pada Sistem Informasi Posyandu (SIP) di Puskesmas Sidorejo Kidul Kota Salatiga. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)

Abstract

Pencatatan dan pelaporan pertumbuhan berat badan bayi dan balita merupakan instrumen vital dalam penentuan status gizi, sehingga harus dicatat dengan lengkap dan benar, sebab berpengaruh dalam pengambilan keputusan agar tidak salah dalam menentukan kebijakan dan penyusunan perencanaan program. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kelengkapan pencatatan anak balita pada Sistem Informasi Posyandu (SIP) di Puskesmas Sidorejo Kidul Kota Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik yaitu hubungan atau pengaruh dari suatu variabel satu dengan yang lain dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian ini adalah kader posyandu yang melakukan pencatatan anak balita pada Sistem Informasi Posyandu (SIP) di wilayah Puskesmas Sidorejo Kidul Kota Salatiga. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan simple random sampling sebanyak 59 responden di Puskesmas Sidorejo Kidul Kota Salatiga. Analisis data dilakukan menggunakan uji Pearson Peoduct Moment dan Chi Square. Hasil penelitian dengan uji Pearson Peoduct Moment menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan (p = 0,003), sikap (p = 0,0001), umur (p = 0,032), lama bertugas (p = 0,008), sedangkan variabel persepsi terhadap insentif (p = 0,802) tidak menunjukkan adanya hubungan dengan kelengkapan Pencatatan Anak Balita pada SIP. Hasil penelitian dengan uji Chi Square menunjukkan ada hubungan antara pendidikan (p = 0,004), kesesuaian rasio kader dan balita (p = 0,032), pelatihan (p = 0,01), dukungan eksternal (p = 0,007), monev (p = 0,001), dan SOP (p = 0,004) dengan kelengkapan Pencatatan Anak Balita pada SIP. di Puskemas Sidorejo Kidul Kota Salatiga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kelengkapan, pencatatan anak balita, Sistem Informasi Posyandu (SIP)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Dec 2011 10:48
Last Modified: 14 Dec 2011 10:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16071

Actions (login required)

View Item View Item