Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Risiko Kecelakaan dengan Pencegahan Kecelakaan Anak Toddler di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Combongan Sukoharjo

KARUNI, ANI TIKA SRI WAHYU and , Siti Arifah, Skp, M. Kes and , Okti Sri Purwanti, S. Kep,. Ns (2011) Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Risiko Kecelakaan dengan Pencegahan Kecelakaan Anak Toddler di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Combongan Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._BAGIAN_DEPAN.pdf

Download (174kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3_BAB_1.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)

Abstract

Masa usia dini yaitu 1 sampai 3 tahun merupakan periode kritis dalam perkembangan anak, dan oleh karenanya pada usia tersebut perkembangan motorik anak terus berkembang serta menunjukkan kemampuan aktivitas lebih banyak bergerak, namun di sisi lain terdapat bahaya atau risiko terjadi kecelakaan pada saat anak sedang beraktivitas. Ibu sebagai orang tua, diperlukan suatu pengetahuan yang baik agar pada saat anak bermain dapat mengawasi dan mencegah terjadinya risiko kecelakaan pada putra putrinya. Hasil studi pendahuluan diperoleh gambaran kepada 3 orang ibu yang menyatakan anaknya pernah jatuh dari kursi dimana pada saat anak bermain anak tidak sedang diawasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang risiko kecelakaandengan pencegahan kecelakaan pada anak toddler di posyandu wilayah kerja Puskesmas Combongan Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 62 ibu yang memiliki anak toddler dari 6 posyandu di Kelurahan Combongan, dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dari kuesioner pengetahuan ibu tentang risiko kecelakaan dan kuesioner pencegahan kecelakaan pada anak todler. Analisis data menggunakan uji Rank Spearman. Hasil penelitian mengenai pengetahuan menunjukkan 16 responden (25,8%) kategori kurang, 32 responden (51,6%) kategori cukup, dan 14 responden (22,6%) kategori baik. Hasil penelitian mengenai pencegahan kecelakaan pada anak todler adalah 19 responden (30,6%) dengan kategori kurang, 26 responden (41,9%) dengan kategori cukup, dan 17 responden (27,45%) dengan kategori baik. Hasil uji hipotesis menunjukan nilai korelasi Rank Spearman sebesar r = 0,606 p= 0,001, yang artinya ada hubungan pengetahuan ibu tentang risiko kecelakaandengan pencegahan kecelakaan pada anak toddler di posyandu wilayah kerja Puskesmas Combongan Sukoharjo. . Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada kader posyandu untuk lebih meningkatkan penyuluhan kesehatan kepada ibu-ibu peserta posyandu agar pengetahuan ibu semakin baik dalam pencegahan terjadinya kecelakaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J210/2011 - 37
Uncontrolled Keywords: pengetahuan ibu, risiko kecelakaan, pencegahan kecelakaan, toddler
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Dec 2011 07:34
Last Modified: 19 Apr 2016 01:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16048

Actions (login required)

View Item View Item