Efektivitas Teknik Relaksasi Progresif terhadap Nyeri Luka Episiotomi Pada Ibu Post Partum Di RSUD Dr. Moewardi Surakarta

ERNAWATI, WIWIK and , Winarsih Nur Ambarwati, S.Kep., Ns, ETN, M.Kep and , Kartinah, A.Kep. S.Kep (2011) Efektivitas Teknik Relaksasi Progresif terhadap Nyeri Luka Episiotomi Pada Ibu Post Partum Di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
BAGIAN_DEPAN_SKRIPSI.pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_SATU.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_DUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_TIGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_EMPAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_LIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)

Abstract

Nyeri merupakan salah satu gejala atau keluhan yang menyebabkan seseorang harus mencari pertolongan kesehatan. Kondisi tersebut dapat menggangu atau membahayakan kualitas hidup seseorang yang mengalaminya. Nyeri yang terjadi pada ibu post partum yang dilakukan tindakan episiotomi dapat mempengaruhi kondisi ibu seperti ibu sulit beristirahat, cemas akan kemampuannya merawat bayi, stress dan ibu sukar tidur. Selain itu pemenuhan ASI pada bayi berkurang dan keluarga akan repot untuk mengurusi ibu dan bayi. Perawat harus mengenali masalah nyeri dan membantu pasien untuk mengurangi atau menghilangkan serta memberikan rasa nyaman. Manajemen nyeri yang digunakan untuk mengatasi nyeri luka episiotomi adalah teknik relaksasi progresif. Karena teknik relaksasi progresif yang dilakukan dapat bermanfaat untuk mengurangi nyeri, mempercepat penyembuhan luka, mengurangi nyeri kepala. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik relaksasi progresif terhadap penurunan tingkat nyeri luka episiotomi pada ibu post partum di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan one group pra-test-posttest design. Sampel penelitian 64 ibu ibu post partum di RSUD Dr. Moewardi Surakarta dengan luka episiotomi. Teknik pengolahan data menggunakan teknik analisis Marginal Homogenity Test. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) nyeri luka episiotomi ibu post partum sebelum terapi relaksasi progresif pada ibu post partum di RSUD Dr. Moewardi Surakarta rata-rata adalah mengganggu kenyamanan, (2) nyeri luka episiotomi ibu post partum sesudah terapi relaksasi progresif pada ibu post partum di RSUD Dr. Moewardi Surakarta rata-rata adalah nyeri ringan, dan (3) ada pengaruh yang signifikan relaksasi progresif terhadap penurunan nyeri luka episiotomi pada ibu post partum yang dilakukan episiotomi di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J210/2011 - 35
Uncontrolled Keywords: nyeri, luka episiotomi, post partum, relaksasi progresif.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Dec 2011 07:13
Last Modified: 18 Apr 2016 10:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16045

Actions (login required)

View Item View Item