Penatalaksanaan Fisioterapi pada Paska Operasi Open Reduction Internal Fixation (ORIF) Fraktur Phalanx Proximal Digiti II Manus Sinistra di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta

UTOMO, DRAJAT WAHYU (2011) Penatalaksanaan Fisioterapi pada Paska Operasi Open Reduction Internal Fixation (ORIF) Fraktur Phalanx Proximal Digiti II Manus Sinistra di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (179kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKa.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)

Abstract

Pengertian fraktur menurut Dorland (1994) adalah suatu diskontinuitas susunan tulang yang disebabkan karena trauma atau keadaan patologis, sedangkan menurut Apley (1995) adalah suatu patahan pada kontinuitas struktur tulang. Pada kasus fraktur phalank proximal digiti II manus sinistra ditemukan berbagai permasalahan yang berupa impariment. Disability, fungsional limitation dan potensial sehingga perlu mendapatkan penatalaksanaan fisioterapi untuk mencegah bertambahnya problematika yang akan terjadi apabila tidak mendapatkan penanganan secara dini. Intervensi tentu pada kasus fraktur phalank proximal digiti II manus sinistra adalah dengan menggunakan modalitas Inframerah dan terapi latihan.Inframerah adalah suatu modalitas yang digunakan untuk terapi yang pelaksanaannya menggunakan alat.Sedangkan Terapi latihan adalah salah satu upaya pengobatan dalam fisioterapi yang pelaksanannya dengan menggunakan pelatihan dan gerak tubuh baik secara aktif maupun secara pasif (Kiener, 1996). Pada rancangan penelitian ini penulis menggunakan metode studi kasus studi kasus adalah salah satu metode strategi penelitian untuk memberikan penanganan yang efektif efisien maka dilakukan metode pemeriksaan yaitu kekuatan otot dengan manual muscle testing,dan lingkup gerak sendi dengan goniometer, Setelah dilakukan terapi sebanyak 6x berturut-turut didapat hasil antara lain adanya penurunan nyeri pada jari telunjuk, peningkatan LGS, dan peningkatan kekuatan otot.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fraktur phalang proximal, modalitas fisioterapi, terapi latihan
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Dec 2011 09:20
Last Modified: 13 Dec 2011 09:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16004

Actions (login required)

View Item View Item