Penatalaksanaan Fisioterapi pada Kondisi De Quervain Syndrome Sinistra dengan Modalitas Trancutaneus Electrical Nerve Stimulation, Infra Red dan Transver Friction di RSUD Karanganyar

Brilianti, Bastia (2011) Penatalaksanaan Fisioterapi pada Kondisi De Quervain Syndrome Sinistra dengan Modalitas Trancutaneus Electrical Nerve Stimulation, Infra Red dan Transver Friction di RSUD Karanganyar. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)

Abstract

De Quervain Syndrome merupakan peradangan tendo-tendo dari musculus extendor pollicis brevis serta musculus abductor pollicis longus, yang bersamasama masuk kedalam satu selubung tendon. Keluhan yang timbul pada kasus De Quervain Syndrome berupa keluhan nyeri pada daerah pergelangan tangan kiri bagian radial. Dimana keluhan nyeri ini mempengaruhi lingkup gerak sendi ibu jari dan pergelangan tangan. Hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya permasalahan kapasitas fisik berupa nyeri pada punggung tangan kiri bagian radial, oleh karena peradangan tendo musculuc exstensor dan abduktor policiis longus, penurunan lingkup gerak sendi wrist kiri. Untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut diatas dapat digunakan modalitas pemberian sinar Infra Merah (IR), Trancutaneus Electrical Nerve Stimulation (TENS), dan Transver friction Tujuan dari penggunaan modalitas diatas yaitu untuk mengurangi nyeri pada pergelangan tangan kiri bagian radial, untuk meningkatkan lingkup gerak sendi pada wrist kiri. Penelitian karya tulis ini menggunakan metode studi kasus dengan pelaksanaan terapi sebanyak 6 kali. Pelaksanaan meliputi segala tindakan fisioterapi yaitu pemeriksaan nyeri dengan VAS, pemeriksaan LGS dengan goneometer. Hasil dari penatalaksanaan tersebut adalah terjadinya penurunan nyeri, Dengan demikian penatalaksanaan fisioterapi pada kondisi de quervain syndrome dengan menggunakan Infra Merah, TENS, transver friction.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: De quervain syndrome sinistra, VAS , lingkup gerak sendi, Infra Merah, TENS, transver friction.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Dec 2011 07:15
Last Modified: 19 Nov 2019 03:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15998

Actions (login required)

View Item View Item