Penatalaksanaan Neuro Development Treatment pada Kasus Cerebral Palsy Spastik Diplegi di RSUD Dr Sardjito Yogyakarta

PUTRIANI, DYAH (2011) Penatalaksanaan Neuro Development Treatment pada Kasus Cerebral Palsy Spastik Diplegi di RSUD Dr Sardjito Yogyakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (376kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)

Abstract

Latar belakang: Cerebral palsy (CP) adalah suatu kerusakan jaringan otak yang menetap tidak progresif, meskipun gambaran klinisnya dapat berubah selama hidup, terjadi pada usia dini dan menghalangi perkembangan otak normal dengan menunjukkan kelainan postur dan pergerakan disertai kelainan neurologis berupa gangguan pada cortek cerebri, ganglia basalis dan cerebellum. Tujuan: fisioterapi pada anak CP spastik diplegi meliputi tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Pada tujuan jangka pendek adalah menurunkan dan mengontrol spastisitas, melatih gerakan volunter, memperbaiki kontrol gerak. Pada tujuan jangka panjang adalah melanjutkan tujuan jangka pendek, menigkatkan kemampuan fungsional. Metode: studi kasus dilakukan dengan modalitas terapi latihan berupa Neuro Development Treatment (NDT) selama 6 x terapi. Hasil: pemeriksaan spastisitas dengan skala asword dan aktifitas fungsional dengan Gross Motor Fuction Meassurement (GMFM) adalah sebagai berikut Dimana pada T1 didapatkan nilai 3 dan pada akhir terapi T6 didapatkan nilai 3. T1 Dimensi A terlentang dan tengkurap dengan skor 31.3%, Dimensi B duduk dengan skor 13.3%, Dimensi C merangkak dan berlutut dengan skor 0%, Dimensi D berdiri dengan skor 0%, Dimensi E berjalan dengan skor 0%. Pada akhir evaluasi T6 Dimensi A telentang dan tengkurap dengan skor 31,3%, Dimensi B duduk dengan skor 13,3%, Dimensi C merangkak dan berlutut dengan skor 0%, Dimensi D berdiri dengan skor 0%, Dimensi E dengan skor 0%. Dari awal sampai akhir pada kemampuan fungsional tidak mengalami penigkatan. Dalam membantu menurunkan spastisitas pada kedua tungkai di berikan modalitas fisioterapi terapi latihan dengan metode NDT (Neuro Development Treatment). Dan pada akhir terapi di dapatkan hasil berupa tidak adanya penurunan spastisitas, dan tidak adanya peningkatan kemampuan fungsional.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cerebral Palsy, metode Neuro Development Treatment (NDT), Skala Asworth, Gross Motor Function Meassurement (GMFM).
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Dec 2011 05:33
Last Modified: 13 Dec 2011 05:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15983

Actions (login required)

View Item View Item