Hubungan antara Kontrol Diri dengan Kepatuhan terhadap Pengobatan Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di RSUD DR. Moewardi Surakarta

Basyiroh, Arifah Nur (2011) Hubungan antara Kontrol Diri dengan Kepatuhan terhadap Pengobatan Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di RSUD DR. Moewardi Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman_Depan.pdf

Download (340kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
Arifah_BAB_I.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (BAB II)
Arifah_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (BAB III)
Arifah_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (BAB IV)
Arifah_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] PDF (BAB V)
Arifah_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (138kB)

Abstract

Diabetes melitus merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang jumlah penderitanya mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dan dianggap sebagai penyebab kematian 4-5 kali lebih tinggi dibanding penyakit lain. Secara umum terdapat 2 tipe diabetes yang dibedakan menurut faktor penyebabnya. WHO menyebutkan bahwa jumlah penderita diabetes melitus tipe 2 adalah sebesar 90% dari jumlah total penderita diabetes melitus. Diabetes melitus tipe 2 disebabkan oleh penerapan gaya hidup tidak sehat sehingga masih dapat diatasi dengan mengubah gaya hidup dan terapi obat penurun kadar gula. Pasien diabetes melitus tipe 2 umumnya mengalami permasalahan psikologis dalam menghadapi tuntutan perubahan gaya hidup, hal ini mengakibatkan rendahnya tingkat kepatuhan pasien terhadap aturan pengobatan. Guna meningkatkan kepatuhan pasien terhadap pengobatan, diperlukan strategi penyesuain diri. Salah satu strategi penyesuain diri yang dianggap efektif adalah kontrol diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan kepatuhan terhadap pengobatan pada pasien diabetes melitus tipe 2 dengan hipotesis bahwa terdapat hubungan positif antara kontrol diri dengan kepatuhan terhadap pengobatan pada pasien diabetes melitus tipe 2. Penelitian ini dilakukan di klinik penyakit dalam RSUD Dr. Moewardi Surakarta dengan metode pendekatan kuantiitatif yaitu dengan menggunakan skala kontrol diri dan skala kepatuhan. Penelitian ini melibatkan 58 pasien diabetes melitus tipe 2 yang sedang menjalani rawat jalan. Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan korelasi product moment formula Pearson. Hasil analisis data menunjukkan korelasi sebesar 0,796 dengan signifikansi 0,000 yang berarti terbukti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kontrol diri dengan kepatuhan terhadap pengobatan. Sumbangan efektif variabel kontrol diri terhadap variabel kepatuhan adalah sebesar 63,4%. Hasil kategorisasi data menunjukkan bahwa responden penelitian memiliki tingkat kontrol diri yang tergolong sedang dengan rerata empirik sebesar 59,93 dan tingkat kepatuhan yang tergolong tinggi dengan rerata empirik sebesar 48,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontrol diri, kepatuhan terhadap pengobatan, pasien diabetes melitus tipe 2.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2011 05:32
Last Modified: 12 Dec 2011 05:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15942

Actions (login required)

View Item View Item