SUWARDI , SUWARDI (2011) Peranan Guru pada Proses Menumbuhkan Kemampuan Sosial Anak dalam Kelompok Bermain/ Play Group Insan Kamil Karanganyar (Studi tentang Eksistensi Guru dan Metode Pengajaran yang Diterapkan dalam Membantu Proses Sosialisasi Anak) Tahun Pelajaran 2010/2011. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.PDF Download (57kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.PDF Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.PDF Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan eksistensi guru dalam membantu mengembangkan kemampuan sosialisasi anak dan mendeskripsikan metode pengajaran yang diterapkan oleh guru dalam membantu proses sosialisasi anak di kelompok bermain/ play group Insan Kamil Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di Play Group Insan Kamil. Sumber informan pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru/Pendidik, dan orang tua anak. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui eksistensi guru dalam membantu kemampuan sosialiasasi anak di kelompok bermain/ Play Group Insan Kamil Karanganyar dapat membantu siswa dalam bersosialisasi, dapat berbaur dengan teman, guru maupun masyarakat di lingkungannya. Guru memberikan perannya sebagai pengajar yaitu dengan mengedepankan unsur pendidikan dan pendekatan guna mengajarkan hal-hal baru kepada anak. Hal yang dilakukan oleh Guru adalah dengan memberikan contoh kepada anak mengenai bersosialisasi yang baik di kelas maupun di luar kelas. Metode pengajaran yang diterapkan oleh guru dalam membantu proses sosialisasi anak di kelompok bermain/ Play Group Insan Kamil Karanganyar adalah metode BCCT atau pendekatan “Sentra dan Saat Lingkaran”. Pada metode BCCT lebih berpusat pada anak, sehingga anak lebih bebas dalam berekspresi namun masih berada di bawah bimbingan guru.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peranan Guru, Kemampuan Sosial, Metode |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Magister Profesi Psikologi |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 09 Dec 2011 11:17 |
Last Modified: | 10 Jan 2012 04:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15933 |
Actions (login required)
View Item |