Analisa Kelayakan Investasi Penambahan Armada Angkot ( Studi kasus : Perusahaan Kopasri Jurusan Pilangsari – Pasar Bunder Sragen)

Bahkri, M. Syaiful (2011) Analisa Kelayakan Investasi Penambahan Armada Angkot ( Studi kasus : Perusahaan Kopasri Jurusan Pilangsari – Pasar Bunder Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_depan.pdf

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5_Kesimpulan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Hitungan_manual.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)

Abstract

Investasi merupakan aktivitas yang berupa perencanaan penggunaan dana dengan bertujuan untuk memperoleh manfaat dan untuk membentuk suatu aktivitas investasi dimana dikeluarkan dana untuk membentuk aktiva produktif dengan harapan untuk memperoleh manfaat dimasa yang akan datang. Demikian halnya pada jasa transportasi pada Perusahaan Kopasri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan usaha yang dirancang baik dari aspek pasar, aspek finansial maupun aspek teknis dan untuk mengetahui tingkat pengembalian usaha pada Perusahaan kopasri. Penelitian dilakukan di Perusahaan Kopasri milik Bapak M di Sragen. Pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan studi pustaka. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa data hargaharga barang . Aspek kelayakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah aspek pasar,aspek teknis,aspek lingkungan, dan aspek finansial. Analisa kelayakan investasi ini menggunakan metode Net Present Value (NPV), Pay Back Period (PP), Internal Rate Return (IRR). Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dari penelitian, untuk penambahan armada angkot baru menghasilkan NPV (-) pada tingkat bunga (MARR) 18% sebesar Rp. -11.878.012, payback period 5 tahun 4 bulan 6 hari, IRR sebesar 13,25%. Sedangkan untuk penambahan armada angkot bekas NPV (+) pada tingkat bunga (MARR) 18% sebesar Rp. 7.823.175, payback period 3 tahun 9 bulan 3 hari, IRR sebesar 35.2 %,. Berdasarkan hasil perhitungan diatas untuk penambahan armada angkot bekas layak dilaksanakan.hal ini terlihat dari dan payback period yang lebih cepat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alternatif, Angkot, Kelayakan
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Dec 2011 10:38
Last Modified: 08 Dec 2011 10:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15889

Actions (login required)

View Item View Item