Haryatama, Cahya (2011) Strategi Pemasaran Batik Glulu Boyolali dengan Metode Analisis SWOT dan Benchmarking (Studi Kasus di Kabupaten Boyolali, Kota Salatiga, dan Kota Solo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (331kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (345kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi perusahaan berdasarkan posisi bersaing perusahaan dengan menggunakan Analisis SWOT dan Benchmarking dan strategi pemasaran yang tepat dan berdaya saing. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut: dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan dalam menentukan strategi pemasaran yang berdaya saing, sebagai bahan referensi dan juga pengetahuan kepada siapa saja yang ingin menggunakan analisis SWOT dan Benchmarking produk sebagai penentu strategi pemasaran atau pun siapa saja yang ingin melakukan penelitian sejenis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan dukungan data kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan serta data-data real dilapangan dan kuesioner dari internal dan eksternal. Dari hasil penelitian dengan menggunakan Analisis SWOT nilai dari IFAS sebesar -0,6761, nilai EFAS sebesar 1,0641, sehingga dikategorikan kuadran 3.Sehingga strategi pemasaran yang mesti dilakukan oleh Batik Glugu Boyolali adalah strategi Weakness-Opportunity (WO). Strategi pemasaran untuk pertama kali yang harus dilakukan adalah memindahkan lokasi berdirinya perusahaan ketempat yang lebih strategis, kemudian ditambahkannya tenaga kerja untuk marketing online dan SPG, pelatihan terhadap SDM agar terampil dan berpengalaman, diberikannya penunjuk arah untuk menuju lokasi pabrik, dana promosi ditambahkan menjadi 15-20% dari omset penjualan, serta dilakukanya strategi diskon harga beli 3 diskon 10%, untuk semua jenis kain baik dilakukan pada saat pameran atau pada bulan-bulan tertentu saja.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Batik, Analisis SWOT, Benchmarking, Strategi Pemasaran. |
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Dec 2011 10:11 |
Last Modified: | 08 Dec 2011 10:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15885 |
Actions (login required)
View Item |