Pengaruh Serbuk Aluminium dan Serbuk Kuningan Terhadap Penyusutan (Shrinkage) Produk pada Pembuatan Cetakan Soft Tooling untuk Mesin Injeksi Plastik

SUYONO, SUYONO (2011) Pengaruh Serbuk Aluminium dan Serbuk Kuningan Terhadap Penyusutan (Shrinkage) Produk pada Pembuatan Cetakan Soft Tooling untuk Mesin Injeksi Plastik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (209kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)

Abstract

Permasalahan yang sering timbul pada proses pembentukan plastik dengan menggunakan metode injection moulding adalah terjadinya cacat produk seperti penyusutan, bentuk yang tidak sempurna dan kerusakan dimensi lainnya yang disebabkan oleh setting parameter-parameter yang tidak tepat pada saat proses produksi plastik. Seperti cacat penyusutan pada benda cetak plastik dapat terjadi akibat dari temperatur leleh yang terlalu tinggi, ketebalan dinding cetakan, dan pendinginan mould yang tidak merata. Hal ini tentu saja sangat merugikan baik dari segi waktu maupun biaya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh variasi jenis serbuk aluminium dan serbuk kuningan terhadap penyusutan produk dan menentukan jenis bahan yang optimal dalam penyusutan produk. Penelitian ini dimulai dari desain dan pembuatan mould variasi bahan pengisinya menggunakan serbuk aluminium dan serbuk kuningan dengan sistem pendinginan conformal soft tooling. Melakukan eksperimen injeksi plastik, pertama memanaskan bijih plastik polypropylene di dalam barrel, setelah plastik meleleh kemudian di injeksi ke dalam mould, kemudian dialiri air pada saluran pendingin. kemudian setelah specimen produk jadi dilakukan pengukuran dimensi produk dan dibandingkan dengan dimensi mould sehingga didapatkan penyusutan. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa variasi serbuk aluminium dan serbuk kuningan sebagai bahan pengisi mould berpengaruh terhadap penyusutan dimensi produk dan diperoleh penyusutan dimensi produk pada mould yang berisi serbuk aluminum lebih rendah persentasenya dibandingkan mould yang berisi serbuk kuningan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK D200/2011 - 32
Uncontrolled Keywords: injection moulding, polypropylene, penyusutan produk
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Dec 2011 11:03
Last Modified: 13 Jan 2012 08:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15835

Actions (login required)

View Item View Item