EVALUASI KINERJA DAN KAPASITAS TERMINAL (Studi Kasus Terminal Bus Harja Mukti Cirebon)

KRISTIANTO, HELPRIS AGUNG (2008) EVALUASI KINERJA DAN KAPASITAS TERMINAL (Studi Kasus Terminal Bus Harja Mukti Cirebon). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
D100000003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Transportasi dalam pembangunan nasional, memiliki posisi yang penting dan strategis khususnya di Daerah Cirebon. Transportasi yang lancar mempermudah arus perdagangan. Pembangunan perlu ditata dalam satu kesatuan yang terpadu, agar nantinya dapat memberi kemudahan dan kenyamanan pada pengguna jasa transportasi. Terlaksananya keterpaduan intra dan antar moda secara lancar dan tertib di Daerah Cirebon, memerlukan menyelenggarakan suatu terminal. Terminal Cirebon termasuk dalam klasifikasi terminal penumpang Tipe A difungsikan sebagai transit rute bus Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) dan bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kapasitas dan kinerja di Terminal Cirebon, dan bagaimana pemecahan masalah yang ada. Penelitian dilakukan selama tiga hari yaitu Senin 06 Agustus 2007, Rabu 08 Agustus 2007 dan Sabtu 11 Agustus 2007 antara pukul 07.00–17.00 WIB. Penelitian dilakukan pada bus yang masuk terminal, bus yang keluar dari terminal dan bus yang menggunakan fasilitas parkir di Termnial Harja Mukti. Data yang digunakan berupa data primer yaitu luasan fasilitas di terminal, waktu dan jumlah bus yang masuk/keluar terminal, waktu dan jumlah bus yang parkir di terminal dan data sekunder yaitu layout terminal, karakteristik terminal, fasilitas yang ada di terminal. Metode analisa menggunakan standar dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa areal parkir di Terminal Harja Mukti masih mampu menampung bus yang parkir. Sedangkan tempat tunggu penumpang perlu diperluas agar dapat menampung calon penumpang. Akumulasi parkir maksimum terjadi pada Senin dan Sabtu sebesar 13 kendaraan untuk parkir utara dan Sabtu sebesar 26 kendaraan untuk parkir selatan. Volume parkir harian tertinggi terjadi pada Senin sebesar 154 bus untuk parkir utara dan hari Sabtu sebesar 199 bus untuk parkir selatan. Turnover parking terbesar terjadi pada Senin sebesar 4,278 bus/hari/ruang untuk parkir utara dan Sabtu sebesar 4,146 bus/hari/ruang untuk parkir selatan. Indeks parkir rata-rata terbesar terjadi pada Senin dan Sabtu sebesar 36,111 % untuk parkir utara, sedangkan parkir selatan pada Sabtu sebesar 54,167 %. Durasi parkir ratarata terbesar terjadi pada Senin sebesar 17,8 menit untuk parkir utara dan 34,336 menit untuk parkir selatan. Kondisi fasilitas di Terminal Harja Mukti sudah cukup lengkap dan cukup baik, hanya saja masih ada fasilitas yang belum memenuhi standarisasi untuk terminal tipe A. Pemecahan masalah ada di Terminal Harja Mukti dengan cara mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas-fasilitas yang terdapat di terminal dan menambah fasilitas untuk memenuhi standarisasi terminal Tipe A seperti areal parkir cadangan, bengkel, gudang dan lain-lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: terminal, kapasitas, kinerja.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 25 May 2009 08:18
Last Modified: 17 Nov 2010 05:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1582

Actions (login required)

View Item View Item