Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Profitabilitas, Leverage dan Return Saham Terhadap Perataan Laba (Income Smoothing) (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI)

Agustina, Novi (2011) Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Profitabilitas, Leverage dan Return Saham Terhadap Perataan Laba (Income Smoothing) (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (359kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)

Abstract

Perataan Laba (Income Smoothing) adalah cara yang dilakukan manajemen untuk mengurangi fluktuasi laba yang dilaporkan agar sesuai dengan target yang diinginkan baik melalui metode akuntansi atau transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Net Profit Margin (NPM), Profitabilitas, Leverage, berpengaruh terhadap praktik perataan laba dan untuk mengetahui apakah return saham berpengaruh terhadap praktik perataan laba. Pemisahan antara perusahaan yang melakukan perataan laba dan yang tidak melakukan perataan laba dengan menggunakan Index Eckel untuk perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa efek Indonesia. Sampel penelitian ini berjumlah 33 unit perusahaan. Pengamatan dilakukan selama tiga tahun, yaitu tahun 2007, 2008, 2009. Analisis statistik yang digunakan adalah pengujian analisis data yang terdiri dari (1) Pengujian kebaikan model yaitu Hosmer and Lemeshow Goodness of fit test, ini untuk mengetahui apakah data sesuai dengan model regresi. (2) pengujian Negelkerke untuk menguji ketepatan model. (3) pengujian validitas pengaruh atau uji wald dengan logistic regression untuk mengetahui faktor – faktor yang berpengaruh atau tidaknya terhadap perataan laba. Dari ke empat variabel yaitu variabel Net Profit Margin (NPM), Profitabilitas (ROA), Leverage, dan Return Saham tidak ada yang berpengaruh terhadap praktik perataan laba karena nilainyan tidak signifikan yaitu nilai p-value > 0,05 maka terangkum dalam hipotesis noll.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perataan Laba, Net Profit Margin (NPM), Profitabilitas (ROA), Leverage, dan Return Saham.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Dec 2011 10:59
Last Modified: 20 Nov 2019 03:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15787

Actions (login required)

View Item View Item