ANALISA KARAKTERISTIK PENGARUH ARUS LISTRIK TERHADAP PERMUKAAN BENDA KERJA PADA ELECTRICAL DISCHARGE MACHINE (EDM) PADA PEMBUATAN LUBANG DIES

PURHANDOKO, SIGIT (2011) ANALISA KARAKTERISTIK PENGARUH ARUS LISTRIK TERHADAP PERMUKAAN BENDA KERJA PADA ELECTRICAL DISCHARGE MACHINE (EDM) PADA PEMBUATAN LUBANG DIES. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (225kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF (da pus)
DAFPUS.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (911kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh arus listrik terhadap permukaan benda kerja pada Electrical Discharge Machine (EDM) pada pembuatan lubang Dies. Material yang digunakan dalam penelitian ini adalah tembaga sebagai elektroda dan alumunium digunakan sebagai benda kerja yang nantinya akan dilubangi dengan secara erosif oleh elektroda. Alat yang digunakan dalam penelitian adalah mesin EDM sebagai alat untuk melakukan proses pelubangan benda kerja dengan sistem pemakanan material secara erosif menggunakan prinsip percikan bunga api listrik, pengujian komposisi kimia dengan menggunakan alat optical emission spectrometer, pengujian kekasaran permukaan dengan menggunakan surface recorder SE 1700. Dalam pengujian ini variasi yang digunakan hanya pada penggunaan arus listrik, dan variasi arus yang dipakai adalah 3A, 6A, 12,5A, 25A, sedangkan parameter pengujian yang tetap adalah material elektroda, benda kerja, kedalaman pemakanan, dielektrik, setingan power supply seperti pulse on, pulse of untuk semua proses adalah sama. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa pengaruh arus listrik yang bervariasi dari proses EDM akan mengakibatkan terjadinya perbedaan kekasaran benda kerja. Pada arus 25 ampere dan 12,5 ampere menghasilkan kekasaran permukaan yang kasar sebesar 6,920 μm dan 6,547 μm. Sedangkan untuk arus 6 ampere dan 3 ampere menghasilkan kekasaran permukaan yang halus sebesar 4,130 μm dan 3,880 μm.pada uji komposisi kimia didapat unsur kandungan tembaga lebih besar dari unsur alumunium yaitu 99,81% untuk tembaga dan 99,51% untuk alumunium. Sementara pada pengamatan foto makro untuk arus 25 dan 12,5 ampere permukaan benda kerja terlihat kasar, sedangkan pada arus 6 dan 3 ampere terlihat halus.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Electrical Discharge Machine, Tembaga, Alumunium.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 05 Dec 2011 10:29
Last Modified: 05 Dec 2011 10:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15784

Actions (login required)

View Item View Item