Penerapan Metode Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Lemahbang Jumapolo Karanganyat Semester II Tahun Pelajaran 2010/2011

Krismiyati, Wiwik (2011) Penerapan Metode Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Lemahbang Jumapolo Karanganyat Semester II Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar IPS hasil belajar IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia melalui penerapan metode Reciprocal Teaching pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Lemahbang Jumapolo Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011. Indikator pencapaian yang akan dicapai adalah ketuntasan belajar siswa mencapai sekurangkurangnya 85%. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data hasil belajar IPS siswa diperoleh data ketuntasan belajar siswa pada pre test hanya mencapai 45%, pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 65%, dan hasil belajar siswa mencapai hasil optimal pada siklus II sebesar 92%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dan mencapai indicator keberhasilan pada siklus II dengan hasil 85% siswa dapat memenuhi nilai KKM (70). Hal ini telah memenuhi indikator pencapaian yang ditentukan yaitu ketuntasan belajar siswa sekurang-kurangnya mencapai persentase 85%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Lemahbang Jumapolo Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: proklamasi kemerdekaan Indonesia, hasil belajar siswa, reciprocal teaching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Dec 2011 06:15
Last Modified: 05 Dec 2011 06:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15762

Actions (login required)

View Item View Item